IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MATERI TEKS PROSEDUR DI KELAS X SMAN 6 TANGERANG SELATAN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i2.42777

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari implikasi model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada materi Teks Prosedur. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian survei. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1, SMA Negeri 6 Tangerang Selatan. Hal yang menjadi fokus penelitian ini, yaitu keberhasilan dari penerapan model pembelajaran TGT dalam materi Teks Prosedur, meliputi tahap presentasi, tim, games, tournament, dan rekognisi tim yang diteliti melalui data kualitatif dan kuantitatif dari kuesioner yang diberikan. Hasil penelitian terkait Implikasi model pembelajaran TGT dalam materi Teks Prosedur terbukti cukup baik dengan adanya total skor yang dapat dilihat dari skala likert. Penerapan model pembelajaran ini cukup diminati oleh siswa, namun terdapat permasalahan yang ditemukan dalam penerapan pembelajaran ini, seperti kurangnya perhatian pendidik, kurangnya sumber belajar, dan kurangnya sikap baik dalam mengoordinasikan sebuah kelompok. Solusi yang dapat Peneliti berikan terhadap masalah yang ditemukan, yakni Pendidik harus lebih matang dalam menyiapkan model pembelajaran ini. Selain itu, diperlukan hubungan yang baik dengan peserta didik agar mereka dapat belajar aktif dalam memberikan gagasan serta dapat bekerja sama dengan teman kelompok lainnya, sehingga tujuan dari pembelajaran akan tercapai.

Author Biography

Elis Susilawati, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Mahasiswa PBSI, UIN JAKARTA

References

Amni, Z., Ningrat, Hadi Kusuma, & Raehanah. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Destinasi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia,15(2), 2840-2848. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/25716/11835

Budiana, Moh. Erwin. (2021). Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Game Tournament) dengan NHT (Number Head Together) terhadap Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Bilangan Pecahan pada Siswa Kelas IV SDN Sadah Kabupaten Lombok Tengah NTB. Jurnal Ilmiah Global Education, 1(1), 87-90. DOI: https://doi.org/10.55681/jige.v1i1.112

Dakhliah, Siti. (2019). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Parepare. Jurnal Pendidikan BUM. 3(1), 767-782. https://jurnalpendidikanbum.com/index.php/jpbum/article/download/82/80

Febriyani, R. & Radhiatum, M. (2021). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Menggunakna Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Tipe Student Teams Achievement Division. Jurnal Iqtirahaat, 5(1), 58-66. https://jurnal.staijm.ac.id/ojs/index.php/iqtirahaat/article/view/29/9

Hikmah, Msy, Yenny A. & Riyanto. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Dunia Hewan Kelas X SMA Unggul Negeri 8 Palembang. Jurnal Pembelajaran Biologi, 5(1), 46-56. DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v5i1.7049

Inayati, I.& Sufathan, M. (2022). Implementasi Metode Team Games Tournament dengan Media Magnetic Board untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik MI pada Materi Zat Tunggal dan Zat Campuran. Jurnal Al-Adawat: Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah,1(1), 50-61. http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/aldawat/article/view/2247

Kusumaningrum, P.C.A., Desak, P.P. & Wibawa, I.M.C. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V Gugus XV Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2013/ 2014. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 2(1), 1-10. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4532 .

Mahardi, I P.Y. S, Murda, I.N.& Astawan, I.G. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha Terhadap Pendidikan Karakter Gotong Royong dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 98-107. DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20821

Margono, S. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Merti, Ni Made. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan Media Audio Visual Guna Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal of Education Action Research, 4(3), 315-321. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27252

Muhammad Amin, Rahim, A. R., & Akhir, M. (2021). Keefektifan Media Video Tutorial Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VI SDN 143 Inpres Leko. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 71-81. DOI: https://doi.org/10.51574/jrip.v1i2.31

Nitbani, Semuel. (2020). Perspektif Teori Kognitif Sosial dalam Pengembangan Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Jurnal Lazuardi, 3(1), 328-343. https://ejurnalpendidikanbahasaundana.com/index.php/lazuardijournal/article/view/24

Octavia, Shilphy A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Primitta, Anggia. (2021). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Menggunakan Model Kooperatif Snowball Throwing dan Teams Games Tournament. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 34-41. https://drive.google.com/file/d/1m7juQcH0GtdxvP6SWQm_pCQ7LTj1ncYa/view

Putra, I.G.N.P.A. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Game Tournament) dalam Pembelajaran Menulis dan Mengetik Aksara Bali pada Siswa Sekolah Menengah Atas/Kejuruan. Dharma Sastra: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Daerah, 1(1), 55-65. DOI: https://doi.org/10.25078/ds.v1i1.501

Rahmat, F.L. A,.Suwatno, & Rasto. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Teams Games Tournament. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 5(1), 15-23. DOI: 10.15408/sd.v1i1.9518.

Ramli, M. (2015). Hakikat Pendidik dan Peserta Didik. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1), 61-85. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/1825/1400

Riski, D. N. & Abdul Rachman. (2013). Penerapan.. Model.. Pembelajaran... Kooperatif ...Tipe.. (Team.. Games.. .Tournament) ..TGT ..Terhadap ..Motivasi.. Siswa ..Mengikuti.. Pembelajaran ..Bola ..Voli.. di ..Kelas.. X.. SMAN.. I.. Panggul ..Kabupaten.. Trenggalek..Jurnal.. Pendidikan. .Olahraga ..dan ..Kesehatan, 1(1), 161-165. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/2820 .

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Rusnadi,N.M., Desak P.P., Arini, N.W. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 1(1), 1-10. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.897

Rusnelli. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Melalui Pembelajaran Model Pemisah (Withdrawal) pada Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kongbeng Tahun Pelajaran 2019/2020. Paedagogy, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 1(1), 70-78. DOI: https://doi.org/10.51878/paedagogy.v1i1.340

Soleh, Dariyo. (2021). The Use of Project Based Learning Models through Google Classroom in Learning Writing Procedure Texts. Ide Guru, Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 137-148. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.239

Sukmadinata, Nana. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Supatminingsih, Tutik. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Media Sains Indonesia.

Sutrisna, S. (2022). Implementation of the Everyone is a Teacher Here Method to Improve Activeness and Learning Outcomes of Sociology Social Inequality Competence. Ide Guru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 197-205. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.354

Suyanti, N.K. & Putri, N.W.S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tourament (TGT) Berbantuan Microsoft Math terhadap Hasil Belajar AlJabar Linier Ditinjau dari Kemampuan Numerik di STIMIK Stikom Indonesia. Jurnal IKA, 15(2), 224-243. DOI: https://doi.org/10.23887/ika.v15i2.20197

Suyati. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Model Pembelajaran Resiprokal pada Mata Pelajaran B. Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Rambutan Banyuasin. Pembahsi: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 58-65. DOI:10.31851/pembahsi.v9i1.4246

Triowathi, N. & Wijayanti, A. (2018). Implementasi.. Team.. Games.. Tournament.. (TGT).. dalam. Meningkatkan.. Kerjasama.. dan ..Hasil.. Belajar. IPA. .Jurnal ..Pijar ..Mipa, 13(2), 110-118. DOI: 10.29303/jpm.v13i2.752

Triyono, Urip. (2018). Bunga Rampai Pendidikan (Formal, Non Formal, dan Informal). Sleman: Deepublish.

Wajdi, M., Akib, T., Natsir, M., Hasan, E., & Abidin, A. (2021). Hubungan Antara Kecakapan Literasi Digital dengan Kreativitas Mengajar Guru dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(3), 214-222. DOI: https://doi.org/10.51574/jrip.v1i3.259

Widhiastuti, R. & Fachrurrozie. (2014).. Teams ..Games ..Tournament. (TGT) ..sebagai ..Metode.. ..untuk.. Meningkatkan ..Keaktifan ..dan.. ..Kemampuan ..Belajar.. Jurnal ..Pendidikan.. ..Ekonomi ..Dinamika ..Pendidikan, 9(1), 48-56. DOI: https://doi.org/10.15294/dp.v9i1.3355

Downloads

Published

2022-07-25

Issue

Section

Articles