IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS (EKONOMI) KELAS IX H SMP NEGERI 2 BLAHBATUH TAHUN AJARAN 2017/2018

Authors

  • Gusti Ayu Eka Kharismayani
  • Lulup Endah Tripalupi
  • I Nyoman Sujana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i2.20049

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan implementasi pembelajaran kontekstual berbantuan media audio visual, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap implementasi pembelajaran kontekstual berbantuan media audio  visual  pada  mata  pelajaran  IPS  (ekonomi)  di  kelas  IX  H  SMP  Negeri  2 Blahbatuh tahun  ajaran  2017/2018. Penelitian ini  merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan-tahapan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, refleksi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar pada akhir setiap siklus, sedangkan data respon siswa dikumpulkan dengan cara penyebaran angket/kuesioner. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa  implementasi  pembelajaran  kontekstual  berbantuan  media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah siswa yang telah tuntas pada siklus I sebesar 55,6%, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang telah tuntas adalah sebesar 88,9%, dan respons siswa terhadap implementasi pembelajaran kontekstual berbantuan media audio visual diperoleh skor rata-rata sebesar 33,53 dengan kategori positif.

Downloads

Published

2019-09-03

Issue

Section

Articles