PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IIS SMA AYODHYA PURA SELAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Luh Devi Pridayanti
  • Luh Indrayani
  • Kadek Rai Suwena

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20125

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar,  pengaruh lingkungan teman sebaya, serta pengaruh motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar Ekonomi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI pada SMA Ayodhya Pura Selat tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa. Data dikumpulkan dengan, kuesioner dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS(Statistical Product and Service Solutions) versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh parsial yang positif dan signifikan dari motivasi belajar terhadap hasil belajar yang dilihat dari nilai t 2,136 dengan signifikansinya sebesar 0,040 ˂ 0,05 pada hasil uji t, ada pengaruh parsial   yang positif dan signifikan dari lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar yang dilihat dari nilai t 2,430 dengan signifikansinya sebesar 0,021 ˂ 0,05 pada hasil uji t, dan ada pengaruh simultan yang positif dan signifikan dari motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar, dilihat dari hasil uji F dimana diperoleh nilai F 10,077 dengan signifikansinya sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05.

Downloads

Published

2019-06-11

Issue

Section

Articles