ANALISIS BIAYA PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN INFORMASI AKUNTANSI DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN BETERNAK SENDIRI ATAU MENJALIN PROGRAM KEMITRAAN (STUDI PADA PT. CIOMAS ADISATWA II UNIT KLUNGKUNG)

Ni Luh Ririn Liana D

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan besarnya biaya produksi ayam broiler dengan beternak sendiri dan melalui program kemitraan dan menentukan alternatif biaya produksi yang lebih tepat untuk PT. Ciomas Adisatwa II Unit Klungkung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah PT. Ciomas Adisatwa II Unit Klungkung dan objeknya adalah biaya produksi yang digunakan  untuk  memperoleh bahan  baku  berupa  bibit  ayam.  Data  dikumpulkan dengan    metode wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan deskriptif kuantitatif menggunakan analisis biaya diferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya biaya produksi ayam yang harus dikeluarkan PT Ciomas Adisatwa II Unit Klungkung melalui beternak sendiri yaitu Rp. 3.440.160.000, 00 sedangkan besarnya  biaya  produksi  ayam  melaui  program  kemitraan  yaitu  Rp.  3.134.880.000, 00, sehingga alternatif beternak ayam melalui program kemitraan menjadi pilihan yang terbaik karena lebih menguntungkan dibandingkan dengan altternatif yang lain.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v10i1.20154

Article Metrics

Abstract view : 242 times
PDF file view : 226 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

Universitas Pendidikan Ganesha

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali Kode Pos 81116 Telp. 0362-22928

Homepage: https://penerbit.undiksha.ac.id

Email: ekonomijurnalpendidikan@gmail.com


Managed by

Department of Economic Education Universitas Pendidikan Ganesha

In Cooperation with

Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO)

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha indexed by:

Crossref ICI Moraref One SearchDimensions Dimensions GarudaAkreditasi SINTA 4