ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM PENGAMBILAN KREDIT PADA LPD (LEMBAGA PERKREDITAN DESA) DESA PAKRAMAN MANGGISSARI

Authors

  • Gusti Ayu Putu Suarni .
  • Dra. Lulup Endah Tripalupi,M.Pd .
  • Dr. Iyus Akhmad Haris,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.3023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam mengambil kredit pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Pakraman Manggissari dan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan nasabah dalam mengambil kredit pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Pakraman Manggissari. Penelitian ini dilaksanakan di LPD Desa Pakraman Manggissari dengan jumlah responden sebanyak 64 orang. Data yang dikumpulkan dengan metode kuesioner, dianalisis dengan analisis faktor melalui Statistical Program Social Scence (SPSS) 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat faktor yang mempengaruhi nasabah dalam mengambil kredit pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Pakraman Manggissari, yaitu faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor psikologis, dan faktor pribadi. Besarnya variance explained masing-masing faktor tesebut secara berturut-turut, yaitu kebudayaan sebesar 53,646%, sosial sebesar 22,980%, psikologis sebesar 14,639%, dan pribadi sebesar 8,735%. Faktor kebudayaan menjadi faktor paling dominan yang memiliki variance explained tertinggi yaitu sebesar 53,646%.
Kata Kunci : Keputusan nasabah mengambil kredit

This study aimed at determining the factors that influences the customer's decision to take the credit at “Lembaga Perkreditan Desa” (LPD) Manggissari and most dominant factor influencing the customer's decision to take the credit on “Lembaga Perkreditan Desa” (LPD) Pakraman Manggissari. The research had been implemented in “Lembaga Perkreditan Desa: (LPD) Manggissari vilaage amount sixty four respondents. The data were collected by questionnaire, and analyzed by factor analysis through Statistical Program Social Scence (SPSS) 16.0 for windows. The result of findings showed that there were four factors that affected the customer in taking credit at “Lembaga Perkreditan Desa” (LPD) Pakraman Manggissari, namely cultural factors, social factors, psychological factors, and Personal factors. The amount of variance explained proficiency level of each factor in a row, the culture of 53.646%, 22.980% of the social, psychological, amounted to 14.639%, and 8.735% for personal. Cultural factors became the most dominant factor that had the highest explained variance in the amount of 53.646.
keyword : Customer's decision to take credit

Published

2014-06-23

Issue

Section

Articles