PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PERUBAHAN KONSEPTUAL BERBANTUAN SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA

Authors

  • Ni Wayan Juniartini .
  • Dr. A.A.Istri Agung Rai Sudiatmika,M.P .
  • Drs. Rai Sujanem,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v7i2.11352

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pemahaman konsep fisika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran perubahan konseptual berbantuan simulasi PhET (MPPKSPP) dengan model pembelajaran konvensional (MPK). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sawan tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling, sehingga sampel untuk kelas eksperimen adalah kelas X1 dengan 25 orang siswa dan kelas kontrol adalah kelas X5 dengan 25 orang siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data pemahaman konsep fisika yang digali dengan tes pilihan ganda diperluas dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji-t independent sample dengan taraf signifikansi p < α atau p < 0,05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika antara kelompok siswa yang belajar menggunakan MPPKSP dan kelompok siswa yang belajar menggunakan MPK (p = 0,001 < 0,05). MPPKSP lebih baik daripada MPK dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa dengan hasil gain skor ternormalisasi MPPKSP = 75,88 pada kategori baik dan MPK = 50.98 pada kategori cukup.
Kata Kunci : model perubahan konseptual, PhET, dan pemahaman konsep fisika.

This study aimed at analyzing the differences of physics concepts understanding between the students who learned by using PhET simulation aided conceptual change models (MPPKSPP) with the students who learned by using conventional learning model (MPK). This research was quasi experimental research with pretest-posttest non-equivalent control group design. The population of this study were students of class X of SMA Negeri 1 Sawan in the academic year of 2016/2017 consisted of 8 classes. Samples were taken by using simple random sampling method. So the sample for experimental class was 25 students of class X1 and for the control class was 25 students of class X5. Data were data of physics concepts understanding explored by using extended multiple-choice test and data were analysed by using descriptive statistic and independent sample t-test with significance level of p <α or p <0,05. The result of data analysis show that there is a difference of physics concepts understanding between group of the students who learn by using MPPKSP and group of the students who learn by using MPK (p = 0,001 <0,05). MPPKSP is better than MPK in improving the students' physics concepts understanding with normalized gain score MPK = 50.98 in sufficient category.
keyword : conceptual change model, PhET, and physics concept understanding.

Downloads

Published

2017-07-26

Issue

Section

Articles