STRATEGI PEMBELAJARAN PERUBAHAN KONSEPTUAL: UPAYA PENGEMBANGAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA (STUDI PRA EKSPERIMEN DI KELAS X-4 SMAN 1 SUKASADA)

Authors

  • Ni Ketut Mudiantari .
  • Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd. .
  • Drs. Putu Yasa, M.Si. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v7i2.11831

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil pre-test dan post-test pemahaman konsep fisika siswa setelah penerapan Strategi Pembelajaran Perubahan Konseptual (SPPK); (2) mendeskripsikan retensi pemahaman konsep fisika siswa; (3) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan SPPK. Peneltian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sukasada yang melibatkan 23 siswa kelas X-4 tahun ajaran 2016/2017 ditentukan dengan teknik purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan pedoman observasi, tes pemahaman konsep, serta kuisioner tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) nilai rata-rata pre-test pemahaman konsep siswa adalah 33,57 pada pembelajaran I dan 41,45 pada pembelajaran II dengan kategori sangat kurang. Setelah penerapan SPPK, pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan pada seluruh dimensi pemahaman konsep yang disertai penurunan miskonsepsi siswa sebesar 47,73% pada pembelajaran I dan 6,28% pada pembelajaran II; (2) retensi pemahaman konsep fisika siswa tergolong tinggi yaitu sebesar 95,73% pada pembelajaran I dan 88,27% pada pembelajaran II; (3) skor rata-rata tanggapan siswa terhadap penerapan SPPK sebesar 131,29 yang berada pada kategori positif.
Kata Kunci : pemahaman konsep, SPPK, retensi

This study aimed at: (1) describing the student’s physics conceptual understanding pre-test and post-test result; (2) defining the student’s retention of physics conceptual understanding; (3) reporting student’s perceptions on the application of CCLS.The research was carried out in SMAN 1 Sukasada involving 23 students of class X-4 in academic year 2016/2017. This subject was chosen by using purposive sampling technique. This research used a pre-experimental investigation with one group pretest-posttest design. Data were collected by means of observation manual, conceptual comprehension sheet and questionnaire. This study result shows that: (1) the average score of student’s physics conceptual understanding at very low category (33.57 at the first instructional phase and 41.45 at the second instructional phase). After applying CCLS, all of dimention student’s conceptual understanding increase significantly, and at the same time the student’s misconceptions reduce drastically (47.73% at the first instructional phase and 6.28% at the second instructional phase); (2) there is profound score in student’s retention, 95.73% at the first instructional phase and 88.27% at the second instructional phase; (3) the average score of student’s perception toward the CCLS is in a positif category (131.29).
keyword : conceptual understanding, CCLS, student’s retention

Downloads

Published

2017-08-20

Issue

Section

Articles