PENGEMBANGAN QUIZ GAME FISIKA PADA TOPIK MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Authors

  • I Wayan Ari Winata
  • I Nyoman Putu Suwindra
  • Ida Bagus Putu Mardana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v8i1.20242

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa quiz game fisika pada topik momentum dan impuls untuk meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Subjek penelitian dipilih dengan purposive sampling yang terdiri dari satu orang ahli isi, satu orang ahli media, satu orang ahli desain, tiga orang guru fisika, siswa kelas X TAV 1 yang berjumlah 34 orang, 9 orang siswa pada uji coba kelompok kecil, dan 3 orang siswa pada uji coba perorangan. Uji lapangan menggunakan one group pre-post test design. Data dikumpulkan menggunakan angket dan tes prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Quiz game fisika pada topik momentum dan impuls telah memenuhi syarat validitas dengan skor yang diberikan ahli isi, ahli media, dan ahli desain berturut-turut adalah 108 dengan kualifikasi sangat valid, 77 dengan kualifikasi valid, dan 89 dengan kualifikasi sangat valid, sedangkan penilaian siswa pada uji coba perorangan dan kelompok kecil memberikan rata-rata skor 4,19 dan 4,20 dengan kategori valid, 2) Quiz game fisika telah memenuhi syarat kepraktisan dengan skor rata-rata yang diberikan oleh para guru fisika sebesar 4,10 dan respon siswa terhadap produk memberikan skor sebesar 40,76 dengan kategori praktis, dan 3) kriteria keberhasilan produk dapat dilihat dari hasil uji-t dengan perolehan nilai (t = 36,092 ; p < 0,05) yang artinya prestasi belajar siswa lebih baik setelah quiz game fisika diterapkan dalam proses pembelajaran fisika; peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari hasil gain score yang diperoleh sebesar 0,66 dengan kategori sedang. Hal ini mengindikasikan bahwa quiz game fisika pada topik momentum dan impuls dapat diterapkan untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa.

References

Abror, A. F. 2012. Mathematics adventure games berbasis role playing game (RPG) sebagai media pembelajaran mata pelajaran matematika kelas VI SD negeri Jetis 1. Skripsi. Pen-didikan Teknik Informatika, Uni-versitas Negeri Yogyakarta. Tersedia pada https://core.ac.uk/ download/pd f/11065082.pdf. Diak ses pada 24 mei 2018.

Adiwisastra, M. F. 2015. Perancangan game kuis interaktif sebagai multimedia pembelajaran drill and practice untuk meningkatkan hasil belajar siswa. informatika, 2(1). Ter-sedia pada http://ejournal.bsi.ac.id /ejurn al/index.php/ji/article/view/67. Diakses pada 24 April 2017.

Aidoo, B., Boateng, S. K., Kissi, P. S., & Ofori, I. 2016. Effect problem based learning on students’ achievement in chemistry. Jornal of Education and Practice 7(33). Tersedia pada https://eric.ed.gov/?id=EJ1122651. Diakses pada 7 Novemer 2017.

Aleksić, V., & Ivanović, M. 2017. A literature review of empirical research on the effects of digital games on learning styles and multiple intelligences. Croatian Journal of Education: Hrvatski časopis za odgoj i obrazovanje, 19(2), 511-562. Tersedia pada https: //hrcak.srce.hr/ind ex.php?id_clanak _jezik=273498&show=clanak. Di ak-ses pada 18 Oktober 2017.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. V. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing. Newyork: David McKay Company.

Arends, R. I. 2008. Learning to teach: belajar untuk mengajar. Buku Dua. (Terjemahan: Helly Prayitno Soetjip to dan Sri Mulyantini Soetjipt o). Pustaka Pelajar. Yogya-karta.

Argaw, A. S., Haile, B. B., Ayalew, B. T., & Kuma, S. G. 2017. The effect of problem based learning (PBL) instruction on students` motivation and problem solving skills of physics. EURASIA Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 13 (3) (pp. 857-871). Tersedia pada https://www.researc hgate.net/profile/Aweke_Shishigu2/publication/311780522_The_Effect_of_Problem_Based_Learning_PBL_Instruction_on_Students%27_Motivation_and_Problem_Solving_Skills_of_Physics/links/5878b3a008ae6eb871d3e53a/The-Effect-of-Problem-Base d-Learning-PBL-Instruction-on-Stud ents-Motivation-and-ProblemSolving -Skills-of-Physics.pdf. Diakses pada 12 Juni 2017.

Arsyad, A. 2009. Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asmiatun, S., & Putri, A. N. 2017. Belajar Membuat Game 2D dan 3D Menggunakan Unity. Yogyakarta: Deepublish.

Astuti, K. A. W. 2016. Pengembangan model pembelajaran berbasis kecer-dasan majemuk untuk mening-katkan pemahaman konsep fisika siswa kelas XI IPA SAMA negeri 4 Singajara. Skripsi (tidak di terbitkan). Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Undiksha.

Azmi, M. K., Rahayu, S., & Hikmawati, H. 2017. Pengaruh model problem based learning dengan metode eksperimen dan diskusi terhadap hasil belajar fisika ditinjau dari sikap ilmiah siswa kelas X MIPA SMA N 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 86-94. Tersedia pada http://jurnalfkip.unram.ac.id/ind ex.php/JPFT/article/v iew/294. Diak-ses pada 15 November 2017.

Candiasa, I M. 2011. Pengujian instrumen penelitian disertai aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undik sha Press.

Chen, Y. C. 2017. Empirical study on the effect of digital game-based instruction on students’ learning motivation and achievement. Eurasia Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13(7), 3177-3187. Tersedia pada http:// www.ejmste.com/pdf-70101-11910?filename=E mpirical%20Stud y%20on%20the. pdf. Diakses pada 18 Oktober 2017.

Chodijah, S., Fauzi, A., & Ratnawulan, R. 2012. Pengembangan perangkat pembelajaran fisika menggunakan model guided inquiryyang dilengkapi penilaian portofolio pada materi gerak melingkar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1). Tersedia pada http://ejourna l.unp.ac.id/ inde x.php/jppf/article/view/603. Diak- ses pada 15 Novem-ber 2017.

Darmadi, H. 2017. Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Djamarah, S. B. 1994. Prestasi belajar dan kompetensi guru. Surabaya : Usaha Nasional.

Dunstan, I. 2017. Indeks pembangunan manusia indonesia meningkat tapi kesenjangan masih tetap ada. UNDP in Indonesia. Tersedia pada http://www.id.undp.org/content/indonesia/id/home/presscenter/pressreleases/2017/03/22/indonesia-s-human-deve lopment-index-rises-but-inequ ality-remains-.html. Diakses pada 19 Novem -ber 2017.

Ekawati, Y., Haris, A., & Amin, B. D. 2017. Penerapan Media Simulasi Menggunakan PHET (Physics Education And Technology) Terha dap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Muham madiyah Limbung. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 74-82. Tersedia pada http://jo urnal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/downloa d/254/ 240. Diakses pada 18 November 2017.

Ellianawati, E., & Wahyuni, S. 2016. Pemanfaatan model self regulated learning sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar mandiri pada mata kuliah optik. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1). Tersedia pada https://journal.unnes.ac.id/nju/ index.php/JPFI/article/view/7329.Diakses pada 12 Mei 2017.

Downloads

Published

2019-09-04

Issue

Section

Articles