PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PELAJARAN FISIKA KELAS X DPIB 1 DI SMKN 3 SINGARAJA

Authors

  • Nur Syariah H
  • I W Sadia
  • A.A.I.A. Rai Sudiatmika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v8i1.20245

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar dan sikap ilmiah siswa kelas X DPIB 1. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan sikap ilmiah siswa serta mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X DPIB 1 sebanyak 35 siswa. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes, data sikap ilmiah dikumpulkan menggunakan lembar observasi, dan tanggapan siswa dikumpulkan dengan angket. Data tersebut dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan prestasi belajar dan sikap ilmiah siswa dalam pelajaran fisika kelas X DPIB 1 di SMK Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Peningkatan prestasi belajar terlihat dari skor rata-rata siswa lebih dari 70 dan ketuntasan klasikal lebih dari 65%. Pada siklus I, skor rata-rata sebesar 65,65 dengan standar deviasi 16,89 dan ketuntasan klasikal 50%, meningkat pada siklus II menjadi 76,94 dengan standar deviasi 9,08 dan ketuntasan klasikal 73,53% berada pada kategori baik. Sikap ilmiah siswa meningkat, pada siklus I skor rata-rata sikap ilmiah siswa 2,44 dengan standar deviasi 0,67 meningkat menjadi 2,71 dengan standar deviasi 0,48 pada siklus II. Siswa juga memberikan tanggapan yang sangat positif terhadap penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran fisika dengan skor rata-rata 80,38 dan standar deviasi 8,49.

Downloads

Published

2018-02-27

Issue

Section

Articles