PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR FISIKA SISWA SMA

Authors

  • Ni Kd. Aristawati
  • I Wayan Sadia
  • A. A. I. A. R. Sudiatmika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v8i1.20573

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan pemahaman konsep fisika antara siswa yang belajar dengan model problem based learning dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian one way non-equivalent pretes-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Susut Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah populasi 173 siswa. Jumlah sampel penelitian terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 69 siswa yang ditentukan secara assigment random. Data pemahaman konsep fisika dikumpulkan dengan tes pilihan ganda diperluas 20 butir tes pemahaman konsep. Data analisis secara deskriptif dan statistik uji-t (independent sample). Pengujian hipotesis nol dilakukan pada taraf signifikansi 0,05. Semua analisis dilakukan dengan memanfaatkan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep fisika antara siswa yang belajar dengan model problem based learning dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung (t = 4,577; p < 0,05). Kelompok siswa yang belajar dengan model problem based learning menunjukkan pemahaman konsep fisika yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Adapun saran untuk penelitian selanjutnya yaitu agar meneliti permasalahan ini secara lebih mendalam dengan sampel yang lebih luas dan variabel yang lebih bervariasi sehingga diperoleh hasil penelitian yang lebih baik.

References

Agustin, M. 2011. Permasalahan belajar dan inovasi pembelajaran: Panduan untuk guru, konselor, psikolog, orang tua, dan tenaga kependidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Gourlay, H. 2017. Learning about a level physics students’ understanding of particle physics using concept mapping. IOP Science, 52, 1-9. Tersedia pada http://iopscience.iop.org. Diakses pada 15 Februari 2017.

Hadijah, S., Hasratuddin., & Napitulu, E. 2016. Pengaruh pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematik siswa SMP N 4 percut sei tuan. Jurnal Tabularas PPS UNIMED, 13(3), 285-298. Tersedia pada http://jurnal.unimed.ac.id /2012/index.php/tabularasa/index. Diakses pada 2 Desember 2017.

Hastuti, A., Sahidu, H., & Gunawan. 2016. Pengaruh model PBL berbantuan media virtual terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 129-135. Terdapat pada https://media.neliti. com/media/publications/119673-ID-pengaruh-model-pbl-berbantuan-media-virt.pdf. Diakses pada 28 November 2017.

Kemendikbud. 2014. Lampiran peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan RI nomor 59 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 sekolah menengah atas/madrasah aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nasruddin, & Zainal, A. 2017. Meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa SMP. Journal of Educational Science and Tecnology, 3(2), 113-121. Tersedia pada http://ojs. unm.ac.id/. Diakses pada 30 Oktober 2017.

Sadia, W. 2014. Model-model pembelajarn sains konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sawitri, I., Suparmi. & Aminah, N. S. 2016. Pembelajaran fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) menggunakan metode eksperimen dan demonstrasi ditinjau dari kemampuan berpikir kritis tehadap prestasi belajar dan keterampilan metakognitif. Jurnal Inkuiri, 5(2), 79-86. Tersedia pada http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains diakses 4 November 2017.

Shahri, M. H., Matalbi, M., Esmaeili, R., & Kianmehr, M. 2017. Effectiveness of teaching : Jigsaw teqchnique vs. lecture for medical student’s physics course. Bali medical Journal (Bali Med J), 6(3), 529-533. Tersedia pada https://www.balimedicaljournal.org/index.php/bmj. Diakses pada 3 November 2017.

Suastra, I. W. 2012. Pembelajaran sains terkini. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Widyastuti, E. 2015. Peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif jigsaw. Journal of Mathematics Education, 1(1), 1-14. Terdapat pada http://jurnalnasional.ump.ac.id/. Diakses pada 1 Desember 2017.

Downloads

Published

2018-02-27

Issue

Section

Articles