IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA KELAS X MIPA 2 MAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • S. N. Hidayah
  • N. M. Pujani
  • R. Sujanem

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v8i1.20575

Abstract

Studi awal menunjukkan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa kelas X MIPA 2 MAN Buleleng rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas belajar, (2) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika, dan (3) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan model PBL dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA 2 (34 orang). Objek penelitian adalah model PBL, aktivitas belajar, kemampuan pemecahan masalah, dan tanggapan siswa. Instrumen penelitian adalah lembar observasi aktivitas belajar, tes kemampuan pemecahan masalah, dan angket tanggapan siswa. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) skor rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 17,7 dengan kategori tinggi dan siklus II sebesar 19,8 dengan kategori sangat tinggi, (2) nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah fisika siswa siklus I sebesar 77,5 dengan ketuntasan klasikal 88,2% dan siklus II sebesar 85,3 dengan ketuntasan klasikal 100%, (3) skor rata-rata tanggapan siswa terhadap penerapan model PBL dalam pembelajaran fisika sebesar 82,1 (SD = 4,2) dengan kategori positif. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model PBL dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa kelas X MIPA 2 MAN Buleleng.

 

Kata Kunci: aktivitas belajar, kemampuan pemecahan masalah fisika, model PBL

References

Arends, R. I. (2007). Learning to teach (seventh edition). New York: McGrawhill Company.

Argaw, A. S., Haile, B. B., Ayalew, B. T., & Kuma, S. G. (2017). The Effect of Problem Based Learning (PBL) Instruction on Students’ Motivation and Problem Solving Skills of Physics. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 857-871. Tersedia pada http://iserjournals.com/journals/eurasia. Diakses 12 November 2017.

Destianingsih, E., Pasaribu, A., & Ismet. (2017). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran fisika kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. Terdapat pada http://fkip.unsri.ac.id/index.php/menu/104. Diakses 17 Januari 2017.

Docktor, J. L., & Heller, K. (2009). Development and validation of a physics problem solving assessment rubric. Disertasi (Tidak diterbitkan). Tersedia pada http://www.groups.physics.umn.eduDoctor_dissertation_submittedfina l.pdf. Diakses Diakses 10 Maret 2018.

Hamdani, D., Prasetya, D. A., dan Connie. (2015). Penerapan model problem based learning (PBL) dengan metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA-fisika siswa kelas VIII.A SMPN 12 Kota Bengkulu. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF 2015. Tersedia pada http://snf-unj.ac.id/kumpulan-prosiding/snf2015/. Diakses 1 Februari 2018.

Kemendikbud. (2013). Kerangka dasar dan struktur kurikulum 2013. Tersedia pada http//gerbangkurikulum.psma.kemendikbud.go.id. Diakses Diakses 12 November 2017

Kemendikbud. (2014). Pembelajaran fisika melalui pendekatan saintifik. Tersedia pada http//gerbangkurikulum.psma.kemendikbud.go.id. Diakses Diakses 12 November 2017.

Omaga, J. O., Iji, C. O., & Adeniran, S. A. (2017). Effect of problem based learning approach on secondary school student’s interest and achievement in electricity in Bauchi State, Nigeria. Journal of Science, Technology & Education. 5(1): 63-70.

Sahyar, Sani, R. A., & Malau, T. (2017). The effect of problem based learning (PBL) model and self regulated learning (SRL) toward physics problem solving ability (PSA) of students at senior high school. American Journal of Educational Resarch, 5(3): 279-283. Tersedia pada http://pubs.sciepub.com/ education/5/3/8/. Diakses 15 Maret 2017.

Sahyar, & Fitri, R. Y. (2017). The Effect of Problem-Based Learning Model (PBL) and Adversity Quotient (AQ) on Problem-Solving Ability. American Journal of Educational Research, 179-183. Tersedia pada http://pubs.sciepub.com/ education/5/3/8/. Diakses 15 Maret 2017.

Sardiman, A. M. (2001). Interaksi dan motivasi dalam belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Simamora, R. E., Sidabutar, D. R., & Surya, E. (2017). Improving learning activity and students’ problem solving skill through problem based learning (PBL) in junior high school. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 33(2): 321-331. Tersedia pada http://gssrr.org/index.php?journal=JournalOfBasicAndApplied. Diakses 12 November 2017.

Solso, R. (2008). Psikologi Kognitif. Jakarta: Penerbit Erlangga

Tampubolon, S. (2014). Penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi pendidik dan keilmuan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Downloads

Published

2018-02-27

Issue

Section

Articles