PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS X MIPA 4 SMA NEGERI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpf.v8i1.20585Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kecerdasan emosional siswa, (2) meningkatkan prestasi belajar siswa, dan (3) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerpaan model GI dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 4 SMAN 3 Singaraja yang berjumlah 30 orang (laki-laki berjumlah 12 orang dan perempuan berjumlah 18 orang). Objek penelitian ini adalah model pembelajaran GI, kecerdasan emosional, prestasi belajar, dan tanggapan siswa terhadap penerapan model GI dalam pembelajaran fisika. Data kecerdasan emosional diperoleh melalui lembar observasi pada setiap pertemuan dan angket pada tiap akhir siklus. Data prestasi belajar diperoleh melalui tes essay tiap akhir siklus, sedangkan data tanggapan siswa diperoleh dari angket pada akhir siklus II. Data yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) skor rata-rata kecerdasan emosional siswa yang diperoleh melalui lembar observasi siklus I berada pada kategori cukup ( = 75,8) dan skor rata-rata angket berada pada kategori tinggi ( =114,7), sedangkan pada siklus II yang diperoleh melalui lembar observasi berada pada kategori sangat tinggi ( = 86,4) dan skor rata-rata angket berada pada kategori sangat tinggi ( =117,3); (2) prestasi belajar fisika siswa pada siklus I berada pada kategori tinggi ( =79,0) dengan ketuntasan klasikal 63,3% dan pada siklus II berada pada kategori tinggi ( =83,1) dengan ketuntasan klasikal 90%, dan (3) tanggapan siswa terhadap penerapan model GI dalam pembelajaran fisika tinggi ( =80,3).
Kata kunci: kecerdasan emosional, prestasi belajar fisika, model GI.
References
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (edisi kedua). Jakarta: Bumi Aksara
Eva Oktaviani, Rahma D. & Romlah (2018). Pengaruh Group investigation Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus Kelas X Di SMAN 1 Jabung Lampung Timur. Indonesia journal of science and mathematics education1(2): 23-28. Tersedia pada http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index..Diakses pada 5 Juli 2019.
Goleman, D. 2001. Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi, Diterjemahkan Oleh: Alexs Tri Kantjono Widodo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kemendikbud. (2014). Lampiran peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan ri nomor 59 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 seekeloah menengah atas/madrasah aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sari, E. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Fisikaditinjau Dari Kemampuan Berpikir Logis. Jurnal Pendidikan Fisika 6 (1): 27-32. Tersedia dalam http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/article/download/6341/5558. Diakses pada 11 Januari 2018.
Indarti, D. Mardiyana & Ikrar P. (2017). An Experimental of Group Investigation with Scientific Approach Viewed from Emotional Intelligence. Jurnal of Mathematics and Natural Sciences. 2(3): 13-19. Tersedia dalam ttp://seminar.uny.ac.id/icriems/sites/seminar.uny.ac.id.icriems/files/prosiding2017/ME03%20Dwi%20Indarti. Diakases 16 Januari 2019.
Nugroho Y. A. & Kartowagiran B. 2017. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 5(4): 299-303. Tersedia pada http://student.uny.ac.id. Diakses pada 22 Oktober 2018.
Tirta, G. R. R., Prabowo S. K. 2018. Development of Physics Teaching Instruments Belong to Cooperative Group Investigation Model to Improve Students’ Self-Efficacy and Learning Achievement. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains 8 (1): 1464-1471. Tersedia dalam http://. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf Diakses pada 11 Januari 2018.
Widiawati, S., Hikmawati, & Wahyudi 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group investigation (Gi) Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 4 (1): 40-48. Tersedia dalam https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/459/pdf. Diakses pada 17 desembar 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.