STRATEGI PEMBELAJARAN GURU FISIKA: RELEVANSINYA DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA 4 DAN X MIPA 5 SMAN

Authors

  • Ni Putu Happy Rahayu
  • I W Suastra
  • Dewi Oktofa Rachmawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v8i1.20593

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: (1) strategi pembelajaran guru fisika, (2) kecerdasan sosial siswa, (3) prestasi belajar siswa, dan (4) relevansi strategi pembelajaran guru fisika dalam pengembangan kecerdasan sosial dan prestasi belajar fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Singaraja pada Tahun Pelajaran 2017/2018.  Jumlah guru yang diteliti adalah satu orang guru fisika yang mengajar di kelas X MIPA 4 dan X MIPA 5. Jumlah siswa yang diteliti sebanyak 66 orang dan diwawancarai sebanyak 18 orang yang terdiri dari 9 orang siswa kelas X MIPA 4 dan 9 orang siswa kelas X MIPA 5 dipilih melalui teknik purposive sampling.  Instrumen penelitian ini yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi nilai siswa. Data dianalisis dengan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi, paparan, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) strategi pembelajaran guru gunakan adalah ekspositori dengan menerapkan dimensi strategi pembelajaran, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan interaksi mengajar dan penilaian. (2) kecerdasan sosial siswa yang muncul saat pelaksanaan interaksi mengajar adalah kesadaran sosial, kecakapan sosial, keterampilan membina hubungan pribadi, keterampilan analisis sosial, keterampilan sosial. (3) prestasi belajar siswa pada pembelajaran fisika tergolong rendah dengan rata-rata diperoleh siswa X MIPA 4 adalah 50,9 dan rata-rata nilai siswa X MIPA 5 adalah 47,8 dengan Ketuntasan Klasikal (KK) 17,6 % dan 12,5% (4) strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dapat mengembangkan kesadaran sosial, kecakapan sosial, keterampilan membina hubungan pribadi, keterampilan analisis sosial, keterampilan sosial dan, belum dapat mengembangkan prestasi belajar fisika secara optimal.

 

Kata-kata kunci: Strategi Pembelajaran, Kecerdasan Sosial, Prestasi Belajar.

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. 2001. Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan assessment: Revisi taksonomi pendidikan Bloom. Terjemahan Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2003. Standar kompetensi mata pelajaran Fisika & MA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Goleman, D. 2006. The socially intelligent [educational leadership]. Artikel. Tersedia pada: http://cmapspublic2.ihmc.us/. Diakses pada 15 November 2017.

Majid, A. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Manullang, R. A. 2015. Pengaruh kecerdasan sosial terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 2 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 15(3): 19-22. Tersedia pada: http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/146. Diakses 8 November 2017.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Santyasa, I W. 2012. Softskills: Indikator untuk meraih kesuksesan bernilai lebih. Makalah. Disajikan dalam Seminar Kepemimpinan dan Soft Skill bagi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Undiksha, 31 Maret 2013, di Undiksha.

Sreeja, P. & Nalinilatha, M. 2017. A study on relationship between social intelligence and academic achievement of higher secondary students. International Journal of Research – Granthaalayah. 5(6): 476-488. Tersedia pada: www.granthaalayah.com. Diakses 7 November 2017.

Sutirman. 2013. Media & model-model pembelajaran inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tirtarahardja, U & Sulo, S. L. L. 2005. Pengantar pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Vinodhkumar, D & Panjakam, R. 2017. Social intelligence and achievement in science among higher secondary school students. International Journal of Research Granthaalayah 5(1): 9-13. Tersedia pada: https:// www.granthaalayah.com.Diakses pada 17 Maret 2017.

Downloads

Published

2018-02-27

Issue

Section

Articles