PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Authors

  • Ni Kadek Ardiani Rahajeng
  • I W Santyasa
  • I Suswandi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v8i1.20606

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran group investigation flipped classroom, model pembelajaran traditional flipped classroom, dan model pembelajaran direct instruction. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain one way pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas X IPA yang terdistribusi dalam 4 kelas yang berjumlah 109 orang. Sampel dalam penelitian terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 84 orang. Data kemampuan berpikir kreatif siswa dianalisis dengan analisis deskriptif dan ANAKOVA satu jalur (=0,05). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa karena model pembelajaran. Kemampuan berpikir kreatif  yang lebih tinggi dicapai oleh model pembelajaran group investigation flipped classroom (F = 57,582; α <0,05). Hasil uji LSD menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dalam kelompok MPGIFC lebih tinggi dari MPTFC, kemampuan berpikir kreatif kelompok MPGIFC lebih tinggi dari MPDI, dan kemampuan berpikir kreatif kelompok MPTFC lebih tinggi daripada MPDI.

 

Kata Kunci: group investigation flipped classroom, berpikir kreatif, pembelajaran fisika

References

Adhitiya, E. N., Prabowo, A., & Arifudin, R. (2015). Studi komparasi model pembelajaran traditional flipped dengan peer instruction flipped terhadap kemampuan pemecahan masalah. Journal Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 117-126, from https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7451.

Armandita, P., Wijayanto, E., Rofiatus, Susanti, A., & Rumiana, S. (2017). Analisis kemampuan berpikir kreatif pembelajaran fisika di kelas XI MIA 3 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 129-135, from https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i2.17906.

Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip your classroom: Reach every student in every class every day. United States of Amerika: International Society for Technology in Education.

Busyairi., & Sinaga, P. (2015). Strategi pembelajaran creative problem solving (CPS) berbasis eksperimen untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan berpikir kreatif. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(2), 133-143, from http://dx.doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.576.

Fadilah, N. U., & Suparwoto. (2016). Keterlaksanaan pembelajaran fisika implementasi kurikulum 2013 berdasarkan latar belakang akademik guru. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 76-87, from https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.8380.

Flowers, L. O. (2011). Investigating the effectiveness of virtual laboratories in an undergraduate biology course. The Journal of Human Resource and Adult Learning, 7(2), 110-116, from http://www.hraljournal.com/.

Gunawan., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). Cakrawala Pendidikan, 2, 167-179, from http://doi.org/ 10.21831/cp.v36i2.13514.

Hasan, R. Lukitasari, M. Darmayani, O., & Santoso, S. (2019). The variation pattern of cooperative learning models implementation to incerase the students creative thinking and learning motivation. International Conference on Mathematics and Science Education, 1-8, from http://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022075.

Irawati, S., & Ismaniati, C. (2019). GI assited GO: An innovative learning model to improve students creative thinking ability. KnE Social Sciences, 113-123, from htttp://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3893.

Istiyono, E., Dwandaru, W. B., & Rahayu, F. (2018). Pengembangan tes creative thinking skills fisika SMA (PhysCreTHOTS) berdasarkan teori tes modern. Cakrawala Pendidikan, 2, 190-200, from http://doi.org/10.21831/cp.v37i2.19233.

Kollöffel, B., & Jong, T. 2013. Conceptual understanding of electrical circuits in secondary vocational engineering education: Combining traditional instruction with inquiry learning in a virtual lab. Journal of engineering education, 102(3), 375-393, from http://users.edte.utwente.nl/.

Kusmawan, W., Turmudi., Juandi, D., & Sugilar, H. (2018). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa madrasah aliyah. Jurnal Analisa, 4(1), 33-42, from https://doi.org/10.26858/est.v1i1.6521.

Mas’ud., & Surjono, H. D. (2018). The implementation of flipped classroom learning model using moodle to increase students’ higher order thinking skills. Journal of Educational Sciences and Technology, 4(3), 187-194, from https://doi.org/10.26858/est.v1i1.6521.

Pratiwi, H.Y., & Ayu, H. D. (2017). Pengembangan bahan ajar problem solving disertai isomorphic problem pairs sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa, from https://semnas.unikama.ac.id/lppm/prosiding/2017/4.

Santyasa, I W., Warpala, I W S., & Sudarma, I K. (2018). The power of group investigation model on student critical thinking, attitude, and character in learning physics. Advances in Social Science, Education and Humanities Reseacrh, 247, 101-106, from https://doi.org/10.2991/iccite-18.2018.23.

Scheckler, R. K. (2003). Virtual labs: A Subtitute for traditional labs?. International Journal Developmental Biology, 47(2-3), 231-236, from http://www.ijdb.ehu.es/.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative learning: Teori, riset dan praktik. Bandung: Nusa Media.

Sojayapan, C., & Khlaisang, J. (2018). The effcet of a flipped classroom with online group investigation on students’ team learning ability. Kasetsart Journal of Social Sciences, 1-6, from https://doi.org/10.1016/j.kjss.2018.02.003.

Steele, K. M. (2013). The flipped classroom: Cutting edge, practical strategis to successfully flip your classroom. Terdapat pada http://www.kevinmsteele.com/.

Supiandi, U. Sari, S., & Subarkah, C. Z. (2018). Enhancing students higher order thinking skill through instagram based flipped classroom learning model. A dvances in Social Science, Education and Humanities Research, 253, 233-237, from https://doi.org/10.2991/aes-18.2019.55

Trianggono, M. M. (2017). Analisis kausalitas pemahaman konsep dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pemecahan masalah fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan, 3(1), 1-12, from http://doi.org/10.25273/jpfk.v3i1.874.

Trianto. (2012). Mendesain model pembelajaran inovatif progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Utami, N. P. N. N., Santyasa, I W., & Suswandi, I. (2018). The influence of blended learning model based on problem of physical learning achievement by student of class X science in SMA 6 Denpasar academic year 2017/2018. Indonesian Review of Physics, 1(1), 1-6, from https://doi.org/10.12928/irip.v1i1.253.

Widodo, A., Maria, R.A., & Fitriani, A. (2016). Peranan praktikum riil dan praktikum virtual dalam membangun kreatifitas siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1), 92-102, from http://doi.org/10.18269/jpmipa.v21i1.670

Downloads

Published

2018-02-27

Issue

Section

Articles