PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI SE-KECAMATAN NUSA PENIDA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpf.v8i2.20631Abstract
Hubungan kecerdasan emosional dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar fisikasiswa SMA Negeri sekecamatan Nusa Penida. Tujuan penelitian untuk menganalisis (1) hubungan
antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar fisika, (2) hubungan antara motivasi berprestasi
siswa terhadap prestasi belajar fisika siswa, dan (3) hubungan antara kecerdasan emosional dan
motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA di SMA Negeri sekecamatan Nusa Penida pada tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto
dengan metode kuantitatif korelasional. Sampel diambil dengan teknik proportional random sampling
yang berjumlah 132 siswa dari 201 popolasi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat (1) hubungan
positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar fisika dan sumbangan efektif sebesar
14%, (2) hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar fisika dengan
sumbangan efektif sebesar 3,51%, dan (3) hubungan positif antara kecerdasan emosional dan
motivasi berprestasi dengan prestasi belajar fisika serta sumbangan efektif sebesar 18%.
Kata kunci: Kecerdasan emosional, motivasi berprestasi, prestasi belajar fisika
References
Arikunto, S. 2012. Dasar-dasarevaluasi pendidikan (edisikedua). Jakarta: BumiAksara
Candiasa, I M. 2004.Analisis butir disertai aplikasi SPSS. Singaraja:Unit Penerbitan
Universitas PendidikanGanesha
Candiasa,IM.2010.Pengujiani nstrumen penelitian disertai aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS.
Singaraja: Unit Penerbitan UniversitasPendidikan Ganesha.
Damayanti, Agustin Dita. 2016. Pengaruh kecerdasan intelektual dan motivasi belajar siswa
terhadap prestasi belajar ips siswa smk negeri 1 gending kabupaten probolinggo.
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI). 10(3) tersedia pada
http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI diakses November 2017
Goleman, D. 2004. Kecerdasan emosional: Mengapa EL lebih pentingdaripada IQ. Jakarta:
Gramedia PustakaUtama.
Hamalik, O. 2008.Prestasi belajar mengajar. Bandung: BumiAksara.
Irmawati, Tayeb T., dan Idris R. 2016. Hubungan kecerdasan emosional terhadap prestasi
belajar mahasiswa ditinjau dari jenis kelamin pada jurusan pendidikan matematika di
UIN alauddin makasar. Jurnal matematika dan Pembelajaran (Mapan) 4(2). Tersedia
pada http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/2799/3031
Diakses pada oktober 2017.
Pratamaa , A. T. dan Aloysius D. C. 2017. Contributions Emotional Intelligence on Cognitive
Learning Result of Biology of Senior High School Students in Medan, Indonesia.
International Journal Of Environmental and Science Education. 11(15) tersedia pada
http://creative commons. org/ licenses/ by/4.0/. Diakses Oktober 2017
Santika, I G. D. 2015. Apa yang membuat fisika sulit? Penyebab kesulitan belajar fisika
siswa sma di Kabupaten Buleleng. Program Keratifitas Mahasiswa bidang Penelitian
UNDIKSHA 2015. Tersedia dalam www. academica .edu. Diakses Oktober 2017.
Sardiman. (2008). Interaksi&MotivasiBelajarMengajar. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.
Sugiyono. 2009. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2010. Statistika untuk penelitian. Bandung AlfaBeta
Sukriadi A. B. dan Rusdiana. 2016. Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar
matematika siswa pada materi sudut dan garis di kelas VII mts normal islam
samarinda. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia (JPMI). 1(2). Tersedia pada http
://journal .stkipsing kawang.ac.id/index. php/JPMI /article/view/85 diakses pada
November 2017
Sutawan, I N. 2014. Pengaruh pemberian umpan balik dalam penilaian dan gaya kognitif
terhadap hasil belajar fisika. Tesis. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Arikunto, S. 2012. Dasar-dasarevaluasi pendidikan (edisikedua). Jakarta: BumiAksara
Candiasa, I M. 2004.Analisis butir disertai aplikasi SPSS. Singaraja:Unit Penerbitan
Universitas PendidikanGanesha
Candiasa,IM.2010.Pengujiani nstrumen penelitian disertai aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS.
Singaraja: Unit Penerbitan UniversitasPendidikan Ganesha.
Damayanti, Agustin Dita. 2016. Pengaruh kecerdasan intelektual dan motivasi belajar siswa
terhadap prestasi belajar ips siswa smk negeri 1 gending kabupaten probolinggo.
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI). 10(3) tersedia pada
http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI diakses November 2017
Goleman, D. 2004. Kecerdasan emosional: Mengapa EL lebih pentingdaripada IQ. Jakarta:
Gramedia PustakaUtama.
Hamalik, O. 2008.Prestasi belajar mengajar. Bandung: BumiAksara.
Irmawati, Tayeb T., dan Idris R. 2016. Hubungan kecerdasan emosional terhadap prestasi
belajar mahasiswa ditinjau dari jenis kelamin pada jurusan pendidikan matematika di
UIN alauddin makasar. Jurnal matematika dan Pembelajaran (Mapan) 4(2). Tersedia
pada http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/2799/3031
Diakses pada oktober 2017.
Pratamaa , A. T. dan Aloysius D. C. 2017. Contributions Emotional Intelligence on Cognitive
Learning Result of Biology of Senior High School Students in Medan, Indonesia.
International Journal Of Environmental and Science Education. 11(15) tersedia pada
http://creative commons. org/ licenses/ by/4.0/. Diakses Oktober 2017
Santika, I G. D. 2015. Apa yang membuat fisika sulit? Penyebab kesulitan belajar fisika
siswa sma di Kabupaten Buleleng. Program Keratifitas Mahasiswa bidang Penelitian
UNDIKSHA 2015. Tersedia dalam www. academica .edu. Diakses Oktober 2017.
Sardiman. (2008). Interaksi&MotivasiBelajarMengajar. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.
Sugiyono. 2009. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2010. Statistika untuk penelitian. Bandung AlfaBeta
Sukriadi A. B. dan Rusdiana. 2016. Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar
matematika siswa pada materi sudut dan garis di kelas VII mts normal islam
samarinda. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia (JPMI). 1(2). Tersedia pada http
://journal .stkipsing kawang.ac.id/index. php/JPMI /article/view/85 diakses pada
November 2017
Sutawan, I N. 2014. Pengaruh pemberian umpan balik dalam penilaian dan gaya kognitif
terhadap hasil belajar fisika. Tesis. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.