PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI SE-KECAMATAN NUSA PENIDA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • W. Karma Diana
  • I. B.Putu Mardana
  • I.N. Putu Suwindra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v8i2.20631

Abstract

Hubungan kecerdasan emosional dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar fisika
siswa SMA Negeri sekecamatan Nusa Penida. Tujuan penelitian untuk menganalisis (1) hubungan
antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar fisika, (2) hubungan antara motivasi berprestasi
siswa terhadap prestasi belajar fisika siswa, dan (3) hubungan antara kecerdasan emosional dan
motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA di SMA Negeri sekecamatan Nusa Penida pada tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto
dengan metode kuantitatif korelasional. Sampel diambil dengan teknik proportional random sampling
yang berjumlah 132 siswa dari 201 popolasi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat (1) hubungan
positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar fisika dan sumbangan efektif sebesar
14%, (2) hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar fisika dengan
sumbangan efektif sebesar 3,51%, dan (3) hubungan positif antara kecerdasan emosional dan
motivasi berprestasi dengan prestasi belajar fisika serta sumbangan efektif sebesar 18%.
Kata kunci: Kecerdasan emosional, motivasi berprestasi, prestasi belajar fisika

References

Arikunto, S. 2012. Dasar-dasarevaluasi pendidikan (edisikedua). Jakarta: BumiAksara

Candiasa, I M. 2004.Analisis butir disertai aplikasi SPSS. Singaraja:Unit Penerbitan

Universitas PendidikanGanesha

Candiasa,IM.2010.Pengujiani nstrumen penelitian disertai aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS.

Singaraja: Unit Penerbitan UniversitasPendidikan Ganesha.

Damayanti, Agustin Dita. 2016. Pengaruh kecerdasan intelektual dan motivasi belajar siswa

terhadap prestasi belajar ips siswa smk negeri 1 gending kabupaten probolinggo.

Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI). 10(3) tersedia pada

http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI diakses November 2017

Goleman, D. 2004. Kecerdasan emosional: Mengapa EL lebih pentingdaripada IQ. Jakarta:

Gramedia PustakaUtama.

Hamalik, O. 2008.Prestasi belajar mengajar. Bandung: BumiAksara.

Irmawati, Tayeb T., dan Idris R. 2016. Hubungan kecerdasan emosional terhadap prestasi

belajar mahasiswa ditinjau dari jenis kelamin pada jurusan pendidikan matematika di

UIN alauddin makasar. Jurnal matematika dan Pembelajaran (Mapan) 4(2). Tersedia

pada http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/2799/3031

Diakses pada oktober 2017.

Pratamaa , A. T. dan Aloysius D. C. 2017. Contributions Emotional Intelligence on Cognitive

Learning Result of Biology of Senior High School Students in Medan, Indonesia.

International Journal Of Environmental and Science Education. 11(15) tersedia pada

http://creative commons. org/ licenses/ by/4.0/. Diakses Oktober 2017

Santika, I G. D. 2015. Apa yang membuat fisika sulit? Penyebab kesulitan belajar fisika

siswa sma di Kabupaten Buleleng. Program Keratifitas Mahasiswa bidang Penelitian

UNDIKSHA 2015. Tersedia dalam www. academica .edu. Diakses Oktober 2017.

Sardiman. (2008). Interaksi&MotivasiBelajarMengajar. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.

Sugiyono. 2009. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2010. Statistika untuk penelitian. Bandung AlfaBeta

Sukriadi A. B. dan Rusdiana. 2016. Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar

matematika siswa pada materi sudut dan garis di kelas VII mts normal islam

samarinda. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia (JPMI). 1(2). Tersedia pada http

://journal .stkipsing kawang.ac.id/index. php/JPMI /article/view/85 diakses pada

November 2017

Sutawan, I N. 2014. Pengaruh pemberian umpan balik dalam penilaian dan gaya kognitif

terhadap hasil belajar fisika. Tesis. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Arikunto, S. 2012. Dasar-dasarevaluasi pendidikan (edisikedua). Jakarta: BumiAksara

Candiasa, I M. 2004.Analisis butir disertai aplikasi SPSS. Singaraja:Unit Penerbitan

Universitas PendidikanGanesha

Candiasa,IM.2010.Pengujiani nstrumen penelitian disertai aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS.

Singaraja: Unit Penerbitan UniversitasPendidikan Ganesha.

Damayanti, Agustin Dita. 2016. Pengaruh kecerdasan intelektual dan motivasi belajar siswa

terhadap prestasi belajar ips siswa smk negeri 1 gending kabupaten probolinggo.

Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI). 10(3) tersedia pada

http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI diakses November 2017

Goleman, D. 2004. Kecerdasan emosional: Mengapa EL lebih pentingdaripada IQ. Jakarta:

Gramedia PustakaUtama.

Hamalik, O. 2008.Prestasi belajar mengajar. Bandung: BumiAksara.

Irmawati, Tayeb T., dan Idris R. 2016. Hubungan kecerdasan emosional terhadap prestasi

belajar mahasiswa ditinjau dari jenis kelamin pada jurusan pendidikan matematika di

UIN alauddin makasar. Jurnal matematika dan Pembelajaran (Mapan) 4(2). Tersedia

pada http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/2799/3031

Diakses pada oktober 2017.

Pratamaa , A. T. dan Aloysius D. C. 2017. Contributions Emotional Intelligence on Cognitive

Learning Result of Biology of Senior High School Students in Medan, Indonesia.

International Journal Of Environmental and Science Education. 11(15) tersedia pada

http://creative commons. org/ licenses/ by/4.0/. Diakses Oktober 2017

Santika, I G. D. 2015. Apa yang membuat fisika sulit? Penyebab kesulitan belajar fisika

siswa sma di Kabupaten Buleleng. Program Keratifitas Mahasiswa bidang Penelitian

UNDIKSHA 2015. Tersedia dalam www. academica .edu. Diakses Oktober 2017.

Sardiman. (2008). Interaksi&MotivasiBelajarMengajar. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.

Sugiyono. 2009. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2010. Statistika untuk penelitian. Bandung AlfaBeta

Sukriadi A. B. dan Rusdiana. 2016. Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar

matematika siswa pada materi sudut dan garis di kelas VII mts normal islam

samarinda. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia (JPMI). 1(2). Tersedia pada http

://journal .stkipsing kawang.ac.id/index. php/JPMI /article/view/85 diakses pada

November 2017

Sutawan, I N. 2014. Pengaruh pemberian umpan balik dalam penilaian dan gaya kognitif

terhadap hasil belajar fisika. Tesis. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Downloads

Published

2018-10-11

Issue

Section

Articles