PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BEBAS PADA PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpf.v8i2.20633Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antara
siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas dengan siswa yang belajar
menggunakan model pembelajaran langsung pada pembelajaran fisika kelas XI di SMA Negeri 1
Tegallalang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif jenis penelitian eksperimen
semu (quasi experiment) dengan desain penelitian menggunakan one way pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian yang digunakan adalah seluruh siswa semester
ganjil jurusan IPA SMA Negeri 1 Tegallalang tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan data dilakukan
dengan menggunakan tes prestasi belajar berbentuk pilihan ganda diperluas. Analisis yang
digunakan pada penelitian ini adalah analisis varian (ANAVA) satu jalur dengan taraf signifikansi 5%
dan analisis gain score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar
antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas (free inquiry) dengan
siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction) pada
pembelajaran fisika kelas XI di SMA Negeri 1 Tegallalang. Berdasarkan pada analisis gain score,
penggunaan model pembelajaran inkuiri bebas menunjukkan peningkatan prestasi belajar lebih tinggi
dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung.
Kata kunci: Inkuiri bebas, pembelajaran langsung, prestasi belajar.
References
Wubbels, T., Figueiredo, M., Altrichter, H., Ursin, J., O’Hara, J., & Members of the executive
board. (2017, Oct. 10). Tersedia dalam https://www.openaccessgoverment.org.
Diakses pada 15 September 2018.
Stoltzfus, J. R., & Libarkin, J. (2017). Does the room matter? Active learning in traditional
and enhanced lecture space. CBE Life Science Education. doi: 10.1187/cbe.16-03-
Sadia, I W. (2014). Model-model pembelajaran konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yewang, M. (2017). The effect of guided inquiry vs free inquiry instruction method and
learning motivation on student learning outcomes. IOSR Journal of Research and
Method in Education (IOSR-JRME), 7(5), 36-43. Tersedia dalam
www.iosrjournals.org. Diakses pada 12 Desember 2017.
Andrini, V. S. (2016). The effectiveness of inquiry learning method to enhance students’
learning outcome: a theoretical and empirical review. Journal of Education and
Practice, 7(3), 38-42. Tersedia dalam https://files.eric.ed.gov. Diakses pada 12
Desember 2017.
Nur, M. & Harjono, J. (2005). Guru yang berhasil dan model pengajaran langsung. Jawa
Timur: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan
Menengah Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP).
OECD. (2015). PISA result in focus. Tersedia dalam www.oecd.org. Diakses pada 15
September 2018.
Rahmat, I. & Chanunan, S. (2018). Open inquiry in facilitating metacognitive skills on high
school biology learning: an inquiry on low and high academic ability. Inetrnational
Journal of Instruction. Tersedia dalam www.w-iji.net. Diakses pada 12 September
Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. Department of physics, Indiana
University. Tersedia dalam www.physics.indiana.edu. Diakses pada 15 September
Teig, N., Scherer, R., & Nilsen, T. (2018). More isn’t always better: The curviliniear
relationship between inquiry-based teaching and student achievement in science.
Learning and Instruction, 56, 20-29. Tersedia dalam
www.elsevier.com/locate/learnistruc. Diakses pada 8 Agustus 2018.
Marshall, J. C., Smart, J. B., & Alston, D. M. (2016). Inquiry-based instruction: a possible
solution to improving student learning of borth science concept and scientific
practices. International Journal of Science and Mathematic Education.
doi:10.1007/s10763-016-9718-x.
Batdi, V., Semerci, C., & Aslan, A. (2018). A meta-analytic and thematic study concerning
the effect of inquiry based instruction leaners’ achievement. Education Policy
Analysis and Strategic Research, 13(2), 51-68. doi: 10.29329/epasr.2018.143.3
Nurhadi, Lukman, Abas, R., Erni, Yuliana, & Hamrina. (2016). Implementation of inquiry
based learning to improve understanding the concept of electric dynamic and
creative thinking skills (an empirical study in class IX junior high school students state
kendari. International Journal of Science and Research (IJSR), 5(3), 471-479.
Tersedia dalam https://www.ijsr.net. Diakses pada 12 September 2018.
Smallhorn, M., Young, J., Hunter, N., & Burke da Silva, K. (2015). Inquiry-based to improve
student engagement in a large first year topic. Student Success, 6(2), 65-71.
Tersedia dalam https://studentsuccessjournal.org. Diakses pada 12 September 2018.
Suyastrini, N K. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri bebas (free inquiry) terhadap
keterampilan berpikir kritis siswa kelas X jurusan MIPA di SMA Negeri 1 Negara.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan
Alam, Universitas Pendidikan Ganesha.
Priwitasari, N. P. I. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran aktif terhadap prestasi belajar
fisika siswa kelas X di SMA Negeri 2 Semarapura tahun ajaran 2014/2015. Skripsi.
Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Kang, J., & Keinonen, T. (2017). The effect of student-centered approach on students’
interest and achievement in science: relevant topic-based, open, and guided inquirybased, and discussion-based approaches. Research in Science Education, 1-21. doi:
1007/s11165-016-9590-2.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.