PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA

Authors

  • Yosica Veronika Tumanggor
  • Rai Sujanem
  • Made Mariawan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v8i2.20636

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk: (1) meningkatkan motivasi belajar, (2) meningkatkan hasil belajar fisika, dan (3)
mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan model tipe Jigsaw dalam pembelajaran fisika.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA
3 SMA Negeri 2 Singaraja yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah model tipe Jigsaw,
motivasi belajar, hasil belajar, dan tanggapan siswa terhadap penerapan model tipe Jigsaw dalam
pembelajaran fisika. Data motivasi belajar siswa diperoleh melalui observasi pada setiap pertemuan,
Data hasil belajar fisika diperoleh melalui tes hasil belajar tiap akhir siklus. Selain itu, data tanggapan
siswa diperoleh melalui angket pada akhir siklus kedua. Data yang diperoleh dianalisis secara
deskriptif. Penelitian ini dikatakan berhasil jika hasil belajar siswa mencapai minimal ketuntasan
klasikalnya (KK) = 68%, motivasi belajar minimal berkategori tinggi, dan tanggapan siswa minimal
berkategori positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar, hal ini
ditunjukkan dari skor rata-rata motivasi belajar = 119,73 pada siklus I dan rata-rata motivasi belajar =
119,49 pada siklus II. Hasil motivasi belajar pada kedua siklus berkategori tinggi. Pencapaian hasil
belajar siswa pada siklus I, nilai rata-rata aspek kognitif = 71,47 dengan KK = 72,73%, nilai rata-rata
aspek psikomotor = 76,52, dan nilai rata-rata aspek afektif = 76,99. Siklus II, nilai rata-rata aspek
kognitif = 77,45 dengan KK = 90,91%, nilai rata-rata aspek psikomotor = 79,08, dan nilai rata-rata
aspek afektif = 81,06. Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran tipe Jigsaw
berkategori sangat positif dengan skor rata-rata = 83,30.
Kata kunci: motivasi belajar, hasil belajar fisika, model tipe Jigsaw

Downloads

Published

2018-10-11

Issue

Section

Articles