PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS STEM GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIPA 4 SMAN TAHUN AJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpf.v8i2.20643Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis
siswa, (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, (3) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis STEM. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 2
siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan
(4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X MIPA SMA Negeri 2 Singaraja
yang berjumlah 33 siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terbimbingberbasis STEM, kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas belajar siswa. Data kemampuan
berpikir kritis diperoleh dengan memberikan tes kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas
belajar siswa diperoleh dengan lembar observasi, dan tanggapan siswa diperoleh dengan
angkte tanggapan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian
̅
ini menunjukkan: (1) nilai kemampuan berpikir kritis siswa siklus I sebesar = 76,4 (SD=9,7)
̅
dengan ketuntasan klasikal 78,8% dan siklus II sebesar =81,8 (SD=4,9) dengan
̅
ketuntasan klasikal 90,9%, (2) skor rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I sebesar = 22,1
̅
(SD=1,25) dengan kategori sangat tinggi dan siklus II sebesar = 22,6 (SD=1,08) dengankategori sangat tinggi, (3) tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis STEM dalam pembelajaran fisika positif. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis STEM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIPA 4 SMAN 2 Singaraja Tahun Ajaran 2018/2019.
Kata-kata kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis STEM, kemampuan
berpikir kritis, aktivitas belajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.