PENERAPAN BAHAN AJAR SAINS BERBASIS KEARIFAN BUDAYA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA 7 DI SMA NEGERI

Authors

  • P. Rima Elda Rosadi Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Ganesha
  • N. K. Rapi Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Ganesha
  • P. Yasa Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v9i2.22100

Abstract

Abstrak Rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya strategi pembelajaran atau metode pembelajaran yang diterapkan guru di kelas. Melalui penerapan bahan ajar sains berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran fisika, penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas belajar, (2) meningkatkan prestasi belajar, dan (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan bahan ajar sains berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran fisika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 7 SMAN 2 Singaraja yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah aktivitas belajar, prestasi belajar, bahan ajar sains berbasis kearifan lokal, dan respon siswa terhadap penerapan bahan ajar sains berbasis kearifan lokal. Data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui observasi pada setiap pertemuan, dengan menggunakan pedoman observasi. Data prestasi belajar fisika diperoleh melalui tes prestasi tiap akhir siklus, data respon siswa diperoleh melalui angket respon siswa pada akhir siklus kedua. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini dikatakan berhasil jika aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif, prestasi belajar siswa minimal berkategori tinggi, respon siswa minimal berkategori positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar, hal ini ditunjukkan dari skor rata-rata aktivitas belajar pada siklus I = 14,55; Standar Deviasi = 2,25; dengan kategori cukup aktif, dan rata-rata aktivitas belajar pada siklus II = 15,99; Standar Deviasi = 1,98 dengan kategori aktif. Hasil prestasi belajar pada kedua siklus berkategori baik. Pencapaian prestasi belajar siswa pada siklus I, nilai rata-rata  = 73,6; Standar Deviasi = 11,9 dengan KK = 75%. Siklus II, nilai rata-rata  = 83,9; Standar Deviasi = 5,8 dengan KK = 90,6%. Respon siswa terhadap penerapan bahan ajar sains berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran fisika berkategori sangat positif dengan skor rata-rata   = 83,75.
 
Kata kunci: aktivitas belajar, prestasi belajar, bahan ajar sains berbasis kearifan lokal

References

Adnyana, M. 2018. Integrasi kearifan lokal (lokal genius) dalam pembelajaran sains. Artikel Konseptual: Sains dan Kearifan Lokal. Asi, N. B. 2017. Pengembangan pembelajaran sains berbasis budaya lokal untuk mengembangkan kompetensi dasar sains dan nilai kearifan lokal di SMP. Tersedia pada http://www.kampus-digital.com/2017/02/pengembangan-pemelajaran-sains.html Azizahwati, dkk. 2015. Pengembangan modul pembelajaran fisika SMA berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Riau: Universitas Riau. Bakhtiar, A. M., & Nugroho, A. S. 2016. Curriculum development of environmental education based on local wisdom at elementary school. International Journal of Learning, Teaching, and Educational Research, 20-28.

Dariyo, A. 2012. Dasar-dasar pedagogi modern. Jakarta: PT Indeks.

Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, Vol. 9 No. 2 Tahun 2019 p-ISSN : 2599-2554 (Print), e-ISSN : 2599-2562 (online)

Dazrullisa. 2018. Pengaruh pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal terhadap minat belajar siswa. Genta Mulia. Vol IX No 2.

Fitriyani, D. 2015. Penerapan Pembelajaran Berbasis Sains Potensi Lokal Tahu Sumedang untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas X SMAN Jatinunggal. Skripsi. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati.

Mulyani, A., Kania, N., & Kartimi. 2013. Penerapan pembelajaran biologi berbasis sains lokal melalui budaya paraji terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem reproduksi kelas XI di SMA Negeri 1 Jatiwangi. Jurnal scientiae educatia. vol 2 (2). Safitri, A. N., Wahyuni, S., & Subiki. 2018. Pengembangan model IPA berbasis kearifan lokal pada pokok bahasan usaha dan energi di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. 7(1). 2229. Sudiatmika, A. A. I. A. 2013. Pendidikan sains berlandaskan budaya lokal tri kaya parisudha. Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika. Tersedia pada http://fisika.fkip.uns.ac.id.

Downloads

Published

2020-09-23

Issue

Section

Articles