PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MIND MAP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Authors

  • Putri D. A. P. Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Rai Sujanem Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Yasa Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v9i2.22103

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa kelas X MIPA SMAN 2 Kuta yang belajar dengan model pembelajaran group investigation berbantuan mind map, model pembelajaran group investigation, dan model pembelajaran direct instruction. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu menggunakan oneway non-equivalent pretest-posttest control group design. Penentuan sampel menggunakan teknik random assignment. Data penelitian dikumpulkan dengan instrumen tes esai dan dianalisis menggunakan statistik analisis varian satu jalur. Hasil penelitian ini adalah keterampilan berpikir kritis secara signifikan berbeda pada siswa yang belajar dengan model group investigation berbantuan mind map, siswa yang belajar dengan model group investigation, dan siswa yang belajar dengan model direct instruction. Hasil uji lanjut Scheffe didapatkan siswa yang belajar dengan model group investigation berbantuan mind map menunjukkan keterampilan berpikir kritis lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan model group investigation dan siswa yang belajar dengan model direct instruction.  
 
Kata kunci: grup investigasi, peta pikiran, keterampilan berpikir kritis

References

Achmad, W. K.S., Bundu, P., Suradi, & Jufri, M. 2018. Application of group investigation (GI) learning model in pendidikan IPS SD course, to improve students’ critical thinking skills at PGSD Universitas Negeri Makassar. IOSR Journal of Research & Method in Education, 8(2), Januari 20, 2018. http://www.iosrjournals.org/iosr-jrme/papers/Vol8%20Issue-2/Version-5/F0802054146.pdf Buzan, T. 2007. Buku pintar mind map untuk anak, agar anak pintar di sekolah. Jakarta: PT Gramedia. Pustaka Utama. Creswell, J. W., 2014. Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. California: SAGE Publications, Inc. Derlina & Hasanah, N. 2017. Effect Cooperative Learning Model Type of Group investigation Using PhET to Cognitive Learning, Interpersonal Communication and Communication Ability Capability. Journal of Education and Practice, 8(35), Agustus 20, 2019. https://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/40412 Dwiprani, Y. A., Suhartadi, S., & Poerwanto, E. E. 2018. Pengaruh model pembelajaran group investigation metode mind mapping terhadap hasil belajar mata pelajaran system pemindah tenaga materi system transmisi bagi siswa SMK kelas XI TKR SMK Nasional Malang. Jurnal Teknik Otomotif, 2(1), Januari 18, 2018. http://journal2.um.ac.id/index. php/jto/article/view/4844 Fuad, N. M., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Suarsini, E. 2017. Improving junior high schools’ critical thinking skills based on test three different models of learning. International Journal of Instruction, 10(1), 101-116. Maret 14, 2018. http://www.e-iji.net/dosyalarc/iji _2017_1_7.pdf Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kompetensi Dasar. September 25, 2019. http://sman1meukek.sch.id/home/readmore/19/download-ki-dan-kd-pelajaran-kurikulu m-2013-sma-ma-smk-dan-mak-tahun-pelajaran-20162017-berdasarkan-permendikbud -no-24-tahun-2016 Latifah, R., & Hidayat, A. 2017. Penerapan model pembelajaran cooperatif integrated reading and composition (CIRC) dengan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMAN 1 Bojongsoang pada materi sistem ekskresi. Jurnal Pendidikan Biologi. 28(2), 1-12. Juni 7, 2018. http://digilib.uinsgd.ac.id/4110/ Nurazizah, S., Sinaga, P., & Zauhari, A. 2017. Profil kemampuan kognitif dan keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 197-202. November 13, 2018. doi.org/10. 21009/1.03211 Putri, U.D., Parno, & Supriana., E. 2018. Eksplorasi penggunaan thinking maps untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fluida statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(5), 581-587. November 13, 2018. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/ Ristiani, N., & Sunarti, I. 2018. Pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving berbasis mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Equilibrium, 15(2), 18-34. Juni 21, 2018. https://journal.uniku.ac.id/index.php /Equilibrium/article/vi ew/1037 Rusdiana, E. & Sucipto. 2018. Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis melalui penerapan model cooperative learning tipe group investigation. Jurnal Ilmiah: SOULMATH, 6(1), Januari 20, 2018. https://www.researchgate.net/publication/3 25375752_PENINGKATAN_KEMAMPUAN_BERPIKIR_KRITIS_MATEMATIS_MELAL

Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, Vol. 9 No. 2 Tahun 2019 p-ISSN : 2599-2554 (Print), e-ISSN : 2599-2562 (online)

UI_PENERAPAN_MODEL_COOPERATIVE_LEARNING_TIPE_GROUP_INVESTIGA TION_Studi_Pada_Siswa_SMK_Dr_Soetomo_Surabaya Sadia, I W. 2014. Model-model pembelajaran sains konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu Safrina, Y. 2017. Pengaruh model kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi getaran dan gelombang di SMPN 2 Kota Jantho Aceh Besar. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Santyasa, I W. 2014. Asesmen dan evaluasi pembelajaran fisika. Yogyakarta: Graha Ilmu Sari, E. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group investigation Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Logis. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 27-32. Agustus 20, 2019. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf Sugiyono. 2009. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta

Downloads

Published

2019-11-27

Issue

Section

Articles