PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DI KELAS X SMAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • I. M. Harry Sugiman Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Ganesha
  • K. Suma Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Ganesha
  • R. Sujanem Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v9i2.22105

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memcari perbedaan pengaruh model learning cycle 7E terhadap literasi sains peserta didik di kelas X SMAN 1 Banjar, tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian one way posttest only nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas X SMAN 1 Banjar tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 131 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XMIA1 sebagai eksperimen dan kelas XMIA3 sebagai kelas kontrol. Data literasi sains siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 25 butir dan angket sikap pada materi getaran harmonis sederhana sebanyak 20 butir angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis rata-rata skor tes literasi sains, diketahui bahwa rata-rata skor tes literasi sains siswa pada kelas eksperimen adalah 73,37 dan rata-rata skor literasi sains siswa pada kelas kontrol adalah 59,96. Hasil uji-t diperoleh         lebih besar dari        (8,13>1,66724). Sehingga terdapat pengaruh literasi sains siswa yang dibelajarkan dengan model learning cycle 7E dan literasi sains siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction.   Kata kunci: learning cycle 7E, direct instruction, literasi sains

References

Abidin, Y., Tita, M., & Hana, Y. 2018. Pembelajaran Lite-rasi:Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara. Adnyani, I G. A. W. 2018. Pengaruh model learning cycle 7E terhadap keterampilan berpi-kir krikis siswa. Skripsi (tidak diterbitkan) Universitas Pendidikan Ganesha.

Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, Vol. 9 No. 2 Tahun 2019 p-ISSN : 2599-2554 (Print), e-ISSN : 2599-2562 (online)

Al-zoubi, M. 2016. The effect of the time management art on academic achievement among High School Student in Jordan. Journal of Education and Practice. 7(5). Tersedia pada https://files.eric.ed.gov. Diakses 20 Oktober 2018 Arends, R. I. 2013. Belajar untuk mengajar. Terjemahan dari Learning to Teach.Jakarta. Salemba Humanika. Artati, J. 2013. Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPA Pada Tema Cuaca Ekstrim. Artikel. Tersedia pada http://digilib.unimed.ac.id. Diakses pada tanggal 6 Oktober 2019. Badan Standar Nasional Pendidikan (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Di Abad-21. Jakarta: BSNP Cansiz, M., dan Turker, N. 2011. Scientific Literacy Investi-gation in Science Curricula: The Case of Turkey. Western Anatolia Journal of Educa-tional Sciences (WAJES). 359366. Tersedia pada https://www.researchgate. Profile/Mustafa_Cansiz3/Publication/2966420_SCIENTIFIC_LITERACY_INVESTIGA TION_IN_SCIENCE_CURRICULA_THE_CASE_OF_TURKEY/Links/56d738fb08aeb e4638af1a4a/SCIENTIFIC-LITERACY-INVESTI GATION-IN-SCIENCE-CURRICULATHE-CASE-OF-TURKEY.Pdf diakses pada 23 November 2018 Cavas, P. H., Pinar, H., Ozdem, Y., Cavas, B., Cakiroglu, J., dan Ertepina, H. 2013. Turkish Pre-Service Elementary Science Teachers' Scientific Literacy Level and Attitudes toward Science. Science Education International 24 (4). 383-401. Tersedia pada https://eric.ed.gov/?id=EJ1022326 diakses pada 23 November 2018 Candiasa, I M. (2010). Pengujian univariat dan bivariat disertai aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha Press Candra, I.A dan Hainur, R. A. 2017. Model pembelajaran learning cycle untuk mening-katkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi gerak harmonik Kelas X di SMAN 1 Kejayan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 06(03). Tersedia pada http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id. Diakses 28 Oktober 2018 Dahar, RW. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga. Eggen, P. dan D. Kauchak. 2012. Srategi dan Model Pembelajaran Mengajar Konten dan Keterampilan Berpikir Kritis Edisi Keenam. Jakarta: PT Indeks Eisenkraft, A. 2003. Expanding the 5E model. Research Library. Ekohariadi. 2009. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Literasi Sains Siawa Indonesia Berusia 15 Tahun. Jurnal Pendidikan. Tersedia pada http://pasca.um.ac.id. Diakses pada tanggal 6 Oktobel 2019. Fembriani & Nela, R. 2018. Peningkatan kualitas pembelajaran IPA dengan model learning cycle 7E untuk kelas V SD. Jurnal. ISBN: 978-602-1180-70-9. Tersedia pada pgsd.umk.ac.id. Diakses 20 Oktober 2018. Fibonacci, A ., dan Sudarmin. 2014. Development Fun-Chem Learning Materials Integrated Socio-Science Issues to Increase Students Scientific Literacy. International Journal of Science and Research (IJSR) 3 (11). 708-713. Tersedia pada https://www.ijsr.net/archive/v3i11/T0NUMTQxMDMz.pdf diakses pada 23 November 2018 Firdaus et al 2017. An implemen-tation of 7e learning cycle model to improve student selfesteem. Journal of Physic doi :10.1088/1742-6596/895/1/012084. Tersedia pada http://iopscience.iop.org. Diakses pada tanggal 5 November 2018. Genc, M. 2015. The Effect of Scientific Studies on Students’ Scientific Literacy and Attitude. Ondokuz Mayis University Journal of Faculty of Education 34 (1). 141-152. Tersedia pada diakses pada 23 November 2018

Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, Vol. 9 No. 2 Tahun 2019 p-ISSN : 2599-2554 (Print), e-ISSN : 2599-2562 (online)

Gunawan, I. dan Palupi, A. R. 2012. Taksonomi bloom revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. handout program studi PGSD FIP IKIP PGRI Madium. Tersedia pada http://e-journal.-unipma.ac.id. Diakses pada 20 Oktober 2018 Harahap et al 2018. Differences between mathematics representation ability and students’ self-efficacy by using learning cycle 7E and discovery learning based on Batak angkola culture in SMAN 1 Sipirok. American Journal of Educational Research 6(11). Tersedia pada http://www-.sciepub.com. Diakses pada 23 November 2018.

Downloads

Published

2019-11-27

Issue

Section

Articles