STRATEGI PEMBELAJARAN GURU FISIKA: RELEVANSINYA DALAM PENGEMBANGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Authors

  • N. W. Yustikasari Program Studi Fisika, Universitas Pendidikan Ganesha
  • K. Suma Program Studi Fisika, Universitas Pendidikan Ganesha
  • D. O. Rachmawati Program Studi Fisika, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v9i2.22107

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan strategi pembelajaran guru fisika, (2) mendeskripsikan kebiasaan belajar siswa pada pembelajaran fisika, (3) mendeskripsikan prestasi belajar siswa pada pembelajaran fisika, serta (4) mendeskripsikan relevansi strategi pembelajaran guru fisika dalam pengembangan kebiasaan belajar dan prestasi belajar pada siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Jumlah guru fisika yang diteliti sebanyak 2 orang yang mengajar pada kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 2 di SMA Negeri 3 Singaraja. Jumlah siswa yang diteliti untuk wawancara sebanyak 18 orang yang terdiri dari 9 orang siswa kelas XI MIPA 4 dan 9 orang siswa kelas XI MIPA 2 melalui teknik purposive sampling. Data strategi pembelajaran diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan kajian dokumen (RPP). Data kebiasaan belajar siswa dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan kuesioner sebagai triangulasi data. Data prestasi belajar siswa diperoleh melalui metode observasi dan dokumen nilai hasil ulangan harian siswa. Tahapan analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi pembelajaran guru fisika adalah strategi pembelajaran kooperatif dan strategi pembelajaran ekspositori, (2) kebiasaan belajar siswa pada pembelajaran fisika tergolong sedang, (3) prestasi belajar siswa kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 2 pada pembelajaran fisika berkualitas baik dengan ketuntasan klasikal masing-masing sebesar 81% dan 77%, serta (4) strategi pembelajaran kooperatif dan ekspositori yang diterapkan oleh guru fisika mampu mengembangkan kebiasaan belajar dan prestasi belajar siswa. Kata-kata kunci: strategi pembelajaran, kebiasaan belajar, prestasi belajar

References

Adegoke, B. A. & Ajadi, T. A. 2016. Stuctural modeling of teacher characteristic, skills in teaching, and students achievement in secondary school physics. Journal of Studies in Education. 6(2): 81-94. Tersedia pada http://www.macrothink.org. Diakses 24 September 2016. Anderson, L. W. & Krathwohl, D. V. 2010. Kerangka pembelajaran untuk pembelajaran, pengajaran, dan assesmen. Yogjakarta: Pustaka Pelajar. Aunurrahman. 2009. Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Depdiknas. 2003. Standar kompetensi mata pelajaran Fisika & MA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Djaali. 2009. Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Djamarah, S. B. & Zain, A. 2006. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Dumford, A.D., Cogswell, C.A., Miller, A.L. 2016.The who, what and where of learning strategies. The journal of effective teaching. 16(1): 72-78. Tersedia pada http://uncw. edu/cte/e/articles/vol16_1/Dumford. pdf. Diakses 1 Mei 2016. Kusumaningrum, F. A. 2016. Parents support, teacher support, and intellegence as predictors of Matemathics learning achievement in Cass XI of Yogjakarta Senior High School. Mediteranian Journal of Social Sciences MCSER Publishing. 7(1). Tersedia pada: http://www.mcser.org/. Diakses 9 Maret 2016. Muzakki, M. 2012. Hubungan antara penggunaan media pembelajaran dan kreativitas mengajar guru dengan prestasi belajar menggunakan peralatan kantor siswa kelas X SMK N 1 Jogonalan tahun ajaran 2011/2012. Skripsi [Online]. Tersedia pada http://eprints.uny.ac.id. Diakses 23 September 2016. Singh, P. 2016. Study of academic achievement in mathematics in relation with study-habits and home-environment. International Journal of Innovative Science, Engineering & Technology. 3(1): 107-119. Tersedia pada www.ijiset.com. Diakses 19 September 2016. Suma, K. 2004. Peningkatan profesional guru sains. Proceedings Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA 5: 68-77. Tersedia pada https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=tTm0J1kAAAAJ &citation_for_view=tTm0J1kAAAAJ:Y0pCki6q_DkC. Diakses 19 Juli 2017. Suparno, P. 2007. Metodologi pembelajaran fisika. Yogyakarta: Unit Penerbit Universitas Sanata Dharma. Ulstad, S. O., Halvari, H., Sorebo, O., & Deci, E. L. 2016. Motivation, learning strategies, and performance in physical education at secondary school. Scientific Reasearch Publishing Inc. 6(1): 27-41. Tersedia pada http://www.scirp.org. Diakses 9 Maret 2016.

Downloads

Published

2019-11-27

Issue

Section

Articles