PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH PADA TOPIK MODEL ATOM BOHR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA

Authors

  • I K. Mariasa Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I. B. P. Mardana Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I N. P. Suwindra Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v9i2.22108

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini menghasilkan produk yang mampu secara efektif dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa kelas XII SMA. Desain pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D  yang dimodifikasi menjadi 3-D dengan tahapan yakni tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan. Desain uji lapangan menggunakan one group pre-test post-test design tanpa kelompok kontrol dengan melibatkan 35 siswa. Data dianalisis dengan teknik deskriptif, uji-t sampel berpasangan, dan uji kriteria keberhasilan produk. Hasil yang dicapai antara lain: (1) terwujudnya media pembelajaran fisika berbasis masalah; (2) ahli isi, ahli media, ahli desain mengkualifikasikan produk tergolong sangat baik, (3) siswa perorangan, kelompok kecil, dan siswa uji lapangan mengkualifikasikan produk baik, dan guru mengkualifikasikan sangat baik; (4) produk yang dihasilkan memiliki efektivitas signifikan dengan skor pre-test dan post-test (t = 27,960; p < 0,05) dan produk telah lolos kriteria keberhasilan dengan rerata nilai post-test siswa uji lapangan (76,80) melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (75,00).
 
Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, masalah, penguasaan konsep

References

Angga, M.N., & Mei., S.(2015). Media pembelajaran pemuaian. JUISI. 1(2):1-8. Tersedia pada http://journal.uc.ac.id. Diakses pada 25 April 2018.

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asyhar, R. (2012). Kreatif mengembangkan media pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Efwinda, S., & Wahyu, S. (2016). Peningkatan penguasaan konsep siswa melalui pembelajaran IPA terpadu berbasis masalah berbantuan mind map. Edusains : Center For Science Education. 8(1):27-35. Tersedia pada http://journal.uinjkt.ac.id. Diakses pada 8 Oktober 2018

Gunawan, Ahamaf, H., Hairunnisyah, S., Sutrio. (2013). Penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran fisika dan implikasina pada penguasaan konsep mahasiswa. J. Pijar MIPA. 1(2): 15-19. Diakses pada 8 Oktober 2018

Kurniawati, I. D., & Sekreningsih, N.(2018). Media pembelajaran berbasis multimedia untuk meningkatkan pemaahaman konsep siswa. Journal of Computer and Information Technology. 1(2):68-75). Tersedia pada http://ejournal.unipma.ac.id. Diakses pada 8 Oktober 2018

Rahmatiah, R., Gunawan., & Sutrio. (2013). Model pembelajaran berbasis multimedia intraktif (MMI) untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika “Lensa”. 1(2):86-94. Diakses pada 10 Oktober 2018

Suryani, N. & Leo, A.(2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Downloads

Published

2019-11-27

Issue

Section

Articles