PEMAHAMAN SISWA TENTANG APLIKASI KONSEP SUHU DAN KALOR YANG BERKAITAN DENGAN KOMPUTER

Authors

  • Zainul Mustofa SMK Al Munawwariyyah

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v11i1.24501

Abstract

Berbeda dengan level pendidikan menengah lainnya, pembelajaran fisika di SMK Teknik memiliki kewajiban lebih yaitu untuk mengintegrasikan konsep-konsep fisika dalam bidang keahliannya. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman siswa terkait aplikasi konsep suhu dan kalor yang berkaitan dengan komputer. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian terdiri atas 36 siswa teknik komputer dan jaringan (TKJ), SMK Al Munawwariyyah Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa telah memahami aplikasi konsep suhu dan kalor yang berkaitan dengan komputer lebih dari 80%. Aplikasi konsep yang telah mereka pahami antara lain persamaan kalor dan maknanya, jenis perpindahan kalor dan dampaknya, dan identifikasi permasalahan komputer yang berkaitan dengan kalor (troubleshooting).

References

Ari, Sadjad, R. S., & Suarga. (2014). Pascasarjana Universitas Hasanudin. Retrieved from Pasca Unhas: http://pasca.unhas.ac.id/jurnal/files/a754a26b91d6de242ceffb2b4aae3698.pdf

Alwan, A. A. (2011). Misconception of Heat and Temperature Among Physics Students. Procedia Social And Behavioral Science 12, 600-614.

Budi, E. M., Hendradjit, W., & Budiman, A. (2010). Rekayasa Komputasional Sistem Pendingin Kluster Komputer. Jurnal Otomasi Kontrol dan Instrumentasi 2 (2), 97-104.

Firmansyah, B. (2009). Analisis Perpindahan Panas pada Pendingin CPU dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga. Jurnal Rekayasa Mesin 9 (2), 25-29.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research: An Introduction Seventh Edition. USA: Pearson Education.

Kemdikbud. (2018). Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Musdar, M. (2018). Pemetaan Konsep Fisika Siswa Kelas XI Pada Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) 4 (1), 36-41.

Mustofa, Z. (2016). Penerapan Pembelajaran STAD Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Keaktifan dan Penguasaan Konsep Usaha-Energi. Seminar Nasional Fisika dan Pembelajarannya (pp. 643-647). Malang : Fisika UM.

Mustofa, Z. (2018). Pengaruh Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Remedial untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika. Teknodik 22 (2), 121-132.

Mustofa, Z. (2018). The Description of Student Understanding About Elasticity Concept. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika (JPPPF) 4 (1), 27-34.

Mustofa, Z. (2019). Pengaruh Discovery Learning Berbantuan E-Learning dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Tentang Konsentrasi Larutan dan Aplikasinya. Kwangsan 7 (1), 14-29.

Mustofa, Z., Sutopo, & Mufti, N. (2016). Pemahaman Konsep Siswa SMA Tentang Usaha dan Energi Mekanik. Seminar Nasional Pendidikan IPA (pp. 519-528). Malang: Pascasarjana UM.

Supu Idawati, Usman Baso, Basri Selviani, Sunarmi. (2016). Pengaruh Suhu Terhadap Perpindahan Panas Pada Material yang Berbeda. Jurnal Dinamika 7 (1): 62-73

Taqwa M.R.A, Priyadi R, Rivaldo L. 2019. Pemahaman Konsep Suhu dan Kalor Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika 7 (1): 56-67

Triyuni. (2016). The Influence of Science Learning Set Using Scientific Approach and Problem Solving Model on Learning Outcomes of Junior High School Students in The Subject of Heat and Temperature. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 5 (2), 177-185.

Widiastono, A., Banyal, N., & Angriani, L. (2016). Sistem Informasi Troubleshooting Pada Personal Komputer (PC). ILKOM Jurnal Ilmiah, 8(2), 103-110. doi:https://doi.org/10.33096/ilkom.v8i2.53.103-110

Yuliana, Nabila. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) 2 (1), 21-29

Downloads

Published

2021-05-19

Issue

Section

Articles