PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i1.26709Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan keterampilan pemecahan masalah siswa antara siswa yang belajar dengan model Problem Based Flipped Classroom (PBFC), model Traditional Flipped Classroom (TFC), dan model Direct Instruction (DI). Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain post-test only control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 357 siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Denpasar dengan sampel penelitian berjumlah 107 siswa dan terdistribusi ke dalam tiga kelas. Data keterampilan pemecahan masalah siswa diperoleh melalui tes keterampilan pemecahan masalah dan dianalisis menggunakan analisis deskripsif dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukan adanya perbedaan keterampilan pemecahan masalah siswa antara kelompok yang belajar dengan model PBFC, model TFC, dan model DI. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggunakan ANAKOVA yang menunjukan nilai statistik F* = 1317.899 dengan angka signifikansi 0,001 (p < 0,05) yang berarti hipotesis penelitian diterima. Hasil uji LSD menunjukan bahwa keterampilan pemecahan masalah siswa yang belajar dengan model PBFC lebih tinggi dibandingkan dengan TFC dan DIKata Kunci: Model PBFC, Model TFC, Model DI, Keterampilan Pemecahan Masalah
References
Abu, B., & Elvin, M. (2018). Pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan pemecahan masalah pada materi suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 5 Medan T.P. 2017/2018. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 6(4), 1-8. Tersedia pada http://jurnal.unimed.ac.id. Diakses 30 maret 2019 Adhitya, E. N., Prabowo, A., & Arifudin, R. (2015). Stdudi komparasi model pembelajaran traditional flipped dengan peer instruction terhadap keterampilan pemecahan masalah. Unnes Journal of Mathematics Education. 4(2), 117-126. Tersedia pada https://journal.unnes.ac.id. Diakses 9 Oktober 2019 Bergmann, J., & Aaron, S. (2012). Flip your classroom: Reach every student in every class every day. (L. Gansel & T. Wells, Eds.). USA: Courtney Burkholder Burak, A., Yanpar, Y. T., (2018). The effect of flipped classroom model on students’ classroom engagement in teaching english. International Journal of Instruction, 11(2), 385-398. Tersedia pada www.e-iji.net. Diakses 10 Oktober 2019 Candiasa, I M. (2010). Statistik univariat dan bivariat disertai aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha Candiasa, I M. (2011). Statistik multivariat disertai aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha Chang. Y., Song. A., & Fang. R. (2018). Integrating ARCS model motivation and PBL in flipped classroom: a case study on a programming language. EURASIA Joural of Mathematics, Science and Technology Education, 14(12), 1-15. Tersedia Pada: https://doi.org/10.29333/ejmste/97187. Diakses 31 maret 2019 Chis, A. E., Moldovan, A.-N., Murphy, L., Pathak, P., & Muntean, C. H. (2018). Investigating flipped classroom and problem-based learning in a programming module for computing conversion course. Educational Technology & Society, 21(4), 232–247. Tersedia pada (https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/3.0/). Diakses 31 Maret 2019
Hwang, Gwo-Jen., & Chen, Pei-Ying. (2019). Effects of a collective problem-solving promotion based flipped classroom on students’ learning performances and interactive patterns. Interactive Learning Environments. Tersedia Pada https://www.tandfonline.com/ loi/nile20 . Diakses 30 maret 2019 Jdaitawi, M. (2019). The effect of flipped classroom strategy on students learning outcomes. International Journal of Intruction, 12(3), 665-680. Tersedia pada www.e-iji.net. Diakses 4 Oktober 2019 Nyeneng, P., Suana, W., & Maulina, H. (2018). Pengembangan perangkat flipped classroom pada mata pelajaran fisika sma. jurnal pendidikan fisika universitas muhammadiyah metro, 6(2), 159-174. Tersedia pada: http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/ index.php/fisika/article/view/1193. Diakses 29 Maret 2019. Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). (2016). programme for international student assessment (pisa). Tersedia pada https://www.oecd.org/pisa/ PISA-2015-Indonesia.pdf. Diakses 30 Maret 2019 Partnership for 21st Century Learning. (2015). P21 Framework Definition. [Online]. Tersedia pada file:///E:/Downloads/New%20folder/Bishop%20Pre-Con%202%20partnership.pdf. Diakses 30 maret 2019 Polya, G. (1973). How to solve it: A new aspect of mathematical method (Second Edition). New Jersey: Princeton University Press Qader, R. O., & Arslan, F. Y. (2019). The effect of flipped classroom instruction in writing: a case study with Iraqi EFL learners. Teaching English with Technology, 19(1), 36-55. Tersedia Pada http //www.tewtjournal.org. Diakses 18 Februari 2019 Qiang, J. (2018). Effect of digital flipped classroom teaching method integrated cooperative learning model on learning motivation and outcome. Society for The Teaching of Psychology, 43(1), 2213-2220. Tersedia pada https://pdfs.semanticscholar.org. Diaksees pada 13 Oktober 2019. Sadia, I W. (2014). Model-model pembelajaran sains kontruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu Santyasa, I W. (2017). Pembelajaran Inovatif. Sinngaraja: Undiksha Press. Santyasa, I W. (2019). Metodologi penelitian. Sinngaraja: Undiksha Press. Srilaphat, E., & Jantakoon, T. (2019). Ubiquitous flipped classroom instructional model with learning process of scientific to enhance problem-solving skills for higher education (UFC-PS Model). Canadian Center of Science and Education, 9(1), 76-85. Tersedia Pada https://eric.ed.gov/. Diakses 18 Februari 2019
Yuliyanto. (2019). Exploring the implementation of weblog-based flipped classroom in teaching civics: Is it feasible and effective? International Journal of Instruction, 12(4), 239-250. Diakses 8 Oktober 2019 Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Tersedia pada https://www.researchgate.net/publication/318013627. Diakses 23 Maret 2019
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.