HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA SMA

Authors

  • N.K.R.W. Sulastri Universitas Pendidikan Ganesha
  • N.K. Rapi Universitas Pendidikan Ganesha
  • D.O. Rachmawati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i1.26714

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara harga diri dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar fisika. Penelitian ini berjenis korelasional dengan metode ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri di Kota Semarapura Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 466 orang. Sampel sebanyak 247 orang dipilih menggunakan teknik proportional random sampling. Data harga diri dan motivasi berprestasi siswa dikumpulkan dengan kuesioner. Data prestasi belajar fisika dikumpulkan dengan tes essay. Nilai reliabilitas kuesioner harga diri, motivasi berprestasi, dan tes prestasi belajar fisika berturut-turut 0,847; 0,875; dan 0,892. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara harga diri dan prestasi belajar fisika dengan koefisien korelasi 0,605 dan SE 14,7%; 2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar fisika dengan koefisien korelasi 0,667 dan SE 32,4%; dan 3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara harga diri dan motivasi berprestasi secara simultan dengan prestasi belajar fisika dengan koefisien korelasi 0,686 dan SE 47,1%.  
 
Kata- kata kunci: harga diri, motivasi berprestasi, prestasi belajar fisika

References

Anderson, L. W., (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing (Edisi Pertama). New York : Addison Wesley Longman. Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (Edisi Kedua). Jakarta: Bumi Aksara. Asakereh, A., & Yousofi, N. (2018). Reflective thinking, self-efficacy, self-esteem, and academic achievement of Iranian EFL students. International Journal of Educational Psychology. 7(1), 68-89. doi:10.17583/ijep.2018.2896. Astika, I.W.M. (2019). Hubungan self-efficacy dan self-esteem dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri di Kota Amlapura. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Ganesha. Azizah, N. (2019). Hubungan motivasi berprestasi dan sikap sosial dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri di Kota Tabanan. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Ganesha. Bergmann, S. (2015). Achievement motivation inventory (AMI). Oxford: Hogrefe. Bhagat, P. (2016). Relationship between self-esteem and academic achievement of secondary school students. International Journal of Innovative Research and Development. 5(7), 211-216. E-ISSN 2278 - 0211. Dewi, K.M.S., Suwatra, I.G.N., & Suarjana, M. (2019). Kontribusi disiplin belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika. Journal for Lesson and Learning Studies. 2(1), 121-130. e-ISSN : 2615-7330. Heckhausen, H. (1967). The anatomy of achievement motivation. Germany: Academic Pers. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Nilai ujian nasional program studi IPA Tahun Pelajaran 2018/2019. Diakses pada 3 Juni 2019 dari https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/. Kucukibis, H. F., & M. Gul. (2019). The relationship between attitudes towards physical activity and self-esteem of high school students. Asian Journal of Education and Training, 5(1), 70–78. doi: 10.20448/journal.522.2019. 51.70.73. Lawrence, D. (2006). Enhancing self-esteem in the classroom (Edisi Ketiga). London: Paul Chapman Publishing. Malhotra, A., Sharma, A., Ajanta, & Bala, S. (2019). Study the relationship between academic achievement and self-esteem of senior secondary school students. J. Evid Based Med. Healthc. 6(11), 899-903. doi:10.18410/jebmh/2019/189. Mindrawan, I W. (2015). Pengaruh efikasi diri dan harga diri terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Nusa Penida Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Ganesha. Mruk, C. J. (2006). Self-esteem research, theory, and practice (Edisi Ketiga). New York: Springer Publishing Company. Nurani, Sunarto, & Wardani, K.D. (2018). Pengaruh kepercayaan diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Surakarta. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi. 4(1), 1-13. e-ISSN: 2548-7175. OECD. (2019). PISA 2018 insight and interpretation. Artikel Online. Tersedia pada https://www.oecd.org/pisa/PISA%202018%20Insights%20and%20 Interpretations%20FINAL%20PDF.pdf. Sardiman, A.M. (2006). Interaksi dan motivasi belajar mengajar (Edisi Pertama). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sivrikaya, A.H. (2019). The Relationship between academic motivation and academic achievement of the students. Asian Journal of Education and Training. 5(2), 309-315. doi:10.20118/journal.522.2019.52.309.315. Suastra, I.W. (2017). Pembelajaran sains terkini: mendekatkan siswa dengan lingkungan alamiah dan sosial budayanya (Edisi Pertama). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi Kesepuluh). Bandung: Penerbit Alfabeta. Surya, E., & Husna, A. (2018). Hubungan sense of humor, kecerdasan emosional, dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Teladan Kota Batam. Phytagoras. 7(1), 68-77. E-ISSN : 2615-7926 Suryabrata, S. (2015). Psikologi pendidikan (Edisi Kelima). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Tastan, S.B., Davoudi, S.M.M., Masalimova, A.R., Bersanov, A.S., Kurbanov, R.A., Boiarchuk, A.V., & Pavlushin, A.A. (2018). The impact of teacher`s efficacy and motivation on student`s academic achievement in science education among secondary and high school students. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education. 14(6). https://doi.org/10.29333/ejmste/89579. Trisnowali, A.M.S. (2017). Pengaruh motivasi berprestasi, minat belajar matematika, dan sikap belajar matematika terhadap hasil belajar matematika pada siswa SMA N 2 Watampone. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran. 5(2). doi: https://doi.org/10.24252/mapan. v5n2a8. Uno, H.B. (2008). Teori motivasi dan pengukurannya (Edisi Pertama). Jakarta: PT. Bumi Aksara. Wahdania., Rahman, U., & Sulasteri, S. (2017). Pengaruh efikasi diri, harga diri, dan motivasi terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Bulupoddo Kab. Sinjai. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. 5(1), 68-81. E-ISSN:2581-172X

Downloads

Published

2020-07-14

Issue

Section

Articles