HUBUNGAN MOTIVASI INTRINSIK, PERSEPSI SISWA, MOTIVASI INTRINSIK DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PELAJARAN FISIKA DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i1.26719Abstract
Rendahnya prestasi belajar fisika siswa di SMA Negeri se-Kota Singaraja merupakan masalah utama yang dikaji dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara motivasi intrinsik, persepsi siswa, motivasi dan persepsi siswa terhadap pelajaran fisika dan prestasi belajar fisika siswa Kelas X MIA SMA Negeri se-Kota Singaraja di tahun akademik 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan metode kuantitatif korelasional. Populasi sebanyak 830 orang dan sampel sebanyak 259 diambil dengan teknik proportional random sampling. Data diambil dengan menggunakan kuesioner dan tes prestasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi, uji regresi linier satu prediktor, uji regresi ganda dua prediktor, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi intrinsik berada pada kategori tinggi, persepsi siswa terhadap pelajaran fisika berada pada kategori tinggi, dan prestasi belajar siswa berada pada kategori sedang. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi intrinsik dan persepsi siswa terhadap pelajaran fisika dan prestasi belajar.Kata kunci: motivasi intrinsik, persepsi siswa terhadap pelajaran fisika, prestasi belajar
References
Aini, Q., Mawardi, & Rizkiawati, B. Y. (2017). Pengaruh motivasi intrinsik dan ekstrinsik terhadap prestasi mata pelajaran ekonomi. Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(1), 59-64. Tersedia pada http://dx.doi.org/1 0.29408/edc.v12i1.1323. Diakses 13 Oktober 2019.
Akhtar, S. N., Iqbal, M., & Tatlah, I. A. (2017). Relationship between intrinsic motivation and n ’ c mic chi v m n : A con y l v l vi nc Bulletin of Education and Research, 39(2), 27-28. Tersedia pada https://eric.ed.gov/?id=EJ1210159. Diakses 09 Oktober 2019 Al i N M H kin J & O’Tool J M ( ) R c n fo m in i con y science education teacher and student perceptions of grade 10 physics. International Journal of Sci and Math Educ, 17(4), 716. Tersedia pada https://doi.org/10.1007/s10763-018-9881-3. Diakses 07 Oktober 2019. Arief, H., S. (2016). Meningkatkan motivasi belajar melalui pendekatan problem based learning (PBL). Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 142. Tersedia pada https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2945. Diakses tanggal 23 Maret 2019.
Arif, A. (2016). Hubungan persepsi siswa pada mata pelajaran dengan prestasi belajar fisika di SMAN 4 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika 1(3) 2. Tersedia pada http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/216. Diakses 27 Desember 2019.
Azka, R. (2019). Hubungan motivasi belajar dan persepsi siswa terhadap pelajaran fisika dengan prestasi belajar matematika. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1), 23-29. Tersedia pada http://ejournal.uin-suka.ac.id/saintek/jpm/article/view/1358. Diakses 13 Oktober 2019.
Bosch, C., Mentz, E., & Reitsma, G.M. (2019). Integrating cooperative learning into the com in l n l ning ign mo l: Implic ion fo n ’ in in ic mo iv ion International Journal of Mobile and Blended Learning, 11 (1), 59. Tersedia pada https://doi.org/10.4018/IJMBL.2019010105. Diakses 17 Februari 2019. Diana, W. K., Mardana, I. B. P., Suwindra, I. N. P. (2018). Prestasi belajar fisika siswa kelas x mipa sma negeri se-kecamatan nusa penida tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 8(2), 4. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPF/article/ view/20631/0. Diakses 16 Juni 2020.
Indriawati, P. (2018). Pengaruh kepercayaan diri dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar mahasiswa Universitas Balikpapan. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(2): 1-10. Tersedia pada http://dx.doi.org/10.33373/dms.v7i1.1633. Diakses 19 Oktober 2019. Kemendikbud. (2003). Undang-undang nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Tersedia pada https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2 016/08/UU_no_20_th_2003.pdf. Diakses 19 Oktober 2019.
Kurniawan, A., & Sumadi (2016). Hubungan antara persepsi siswa terhadap fisika, kemandirian belajar dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 65-66. Tersedia pada http://jurnal.ustjogja.ac.id/ind ex.php/COMPTON/article /view/686. Diakses 06 November 2019. Lestari, I.A., Hermansyah, A., & Rohiat, S. (2017). Hubungan persepsi siswa kelas X MIPA di SMA Negeri Sekota Bengkulu tahun ajaran 2016/2017 tentang variasi gaya mengajar guru dengan hasil belajar kimia. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 1(2), 114-115. Tersedia pada https://ejournal.unib.ac.id/index.php/alotropjurnal/article/view/3525. Diakses 09 Oktober 2019.
Marupa, D. (2017). Hubungan antara persepsi gaya mengajar guru dalam pembelajaran fisika dengan motivasi belajar siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 7 Medan. (Skripsi online). Tersedia pada http://repository.uma.ac.id/bitstream/123456789/85 68/1/138600100.pdf. Diakses 16 Oktober 2019.
Mawarnia, B. (2017). Pengaruh biaya pribadi (private cost) dan persepsi siswa tentang pembelajaran ekonomi materi akuntansi terhadap hasil belajar siswa SMA. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan 5(1) 93-100. Tersedia pada http://dx.doi.org/ 10.26740/jepk.v5n1.p91-104. Diakseks 06 November 2019.
Moekijat. (2002). Dasar-dasar motivasi. Bandung: CV. Pionir Jaya Bandung.
OECD. (2019). PISA 2018 insight and interpretations. Tersedia pada https://doi.org /10.1787/5f07c754-en. Diakses 14 Januari 2020. Permendikbud Republik Indonesia Nomor 69. (2013). Tentang kerangka dasar dan struktur kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Tersedia pada http://bsnpindonesia.org/2013/06/20/permendikbud-tentang-kurikulum-tahun-2013/. Diakses 06 November 2019. Prasetyowati, D. W., & Budhi, W. (2017). Hubungan antara persepsi siswa perhatian selama pembelajaran dan kecemasan sebelum tes dengan prestasi belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 4(1) 92-98. Tersedia pada http://www.jurnal.ustj ogja.ac.id/index.php/COMPTON/article/view/1390/0. Diakses 06 November 2019. Pratama, Y. M., Iswari, R. S., & Ngabekti, S. (2018). Korelasi persepsi dan minat dengan hasil belajar siswa kelas 10 lintas minat biologi SMAN 1 Ambarawa. Jurnal Pendidikan MIPA 8(1) 63. Tersedia pada http://dx.doi.org/10.21580/phen.2018.8.1.2183. Diakses 06 November 2019 Saki, K., & Nadari, M. (2018). The relationship between self-regulated learning, academic self-concept and the academic achievement motivation of students in the second grade of high school. Journal of Family Medicine 16(2) 328. Tersedia pada https://plat form.almanhal.co m/Files/Articles/117401. Diakses 22 Mei 2020.
Santyasa, I. W. (2018). Metodologi penelitian pendidikan. Singaraja: Undiksha Pres
Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
S p p o N ( ) D v lopm n n v li ion of n ’ p c p ion on l ning y questioning scale in physics. International Journal of Instruction, 12(2), 254. Tersedia pada https://doi.org/10.29333/iji.20 19.12216a. Diakses 07 Oktober 2019. Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dlam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi 3(1) 81. Tersedia pada http://dx.doi.org/10. 24127/ja.v3i1.144. Diakses 27 Desember 2019. Utami, P. R. A., Santyasa, I. W., Rapi, N. K. (2018). The relationship between learning motivation and emotional intelligence with physics learning achievement of public high school students Class XI MIA in Singaraja City. Education end Learning Journal, 25(1), 28. Tersedia pada http://journal2.um.ac.id/index.php/jpp/article/view/8141. Diakses 16 Juni 2020. Yovitasae, M., Djazari, M. (2018). Pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru, motivasi belajar, dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(2), 46-56. Tersedia pada https://doi.org/10.21831/jpai.v16i2.22052. Diakses 13 Juni 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.