PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH SISWA SMA

Authors

  • G.A.P.U. Parwati Universitas Pendidikan Ganesha
  • N.K. Rapi Universitas Pendidikan Ganesha
  • D.O. Rachmawati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i1.26724

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan rendahnya kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa dalam pelajaran fisika di kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Kuta. Alternatif solusi dari permasalahan tersebut adalah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, sikap ilmiah siswa, dan mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam pelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 35 orang siswa yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Data kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh dari tes kemampuan berpikir kritis. Data sikap ilmiah siswa dan data tanggapan siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh  melalui angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kritis siswa siklus I berada pada kategori baik ( X = 76,37, SD = 7,76) dengan KK 91,43% dan siklus II berada pada kategori sangat baik ( X = 89,58, SD = 6,60) dengan KK 100%, (2) sikap ilmiah siswa siklus I berada pada kategori tinggi ( X = 110,60, SD = 7,39) dan siklus II juga berada pada kategori tinggi ( X = 118,83, SD = 7,35), (3) tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berada pada kategori positif ( X = 114,11, SD = 6,55). Simpulan hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa dalam pelajaran fisika dan siswa menunjukkan tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing.
 
Kata-kata kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis, sikap ilmiah

References

Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, W. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pijar MIPA, 14(1), 94-99. Tersedia pada https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/468. Diakses 7 Oktober 2019.

Cahyani, N. I., & Azizah, U. (2019). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi laju reaksi kelas XI SMA. UNESA Journal of Chemistry Education, 8(3), 320-326. Tersedia pada http://jurnalmahasiswa. unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/30546. Diakses 7 Oktober 2019.

Costa, A. L. (1991). Developing mind: a resource book for teaching thinking. Terdapat pada http://files.eric.ed.gov/fulltext/ED332166.pdf. Diakses 9 Oktober 2019.

Fadilah, S., Purwanto, A., & Risdianto, E. (2018). Penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa pada konsep alat-alat optik kelas XI SMAN 1 Mukomuko. Jurnal Kumparan Fisika, 1(2), 8-14. Tersedia pada https://ejournal.unib.ac.id/index.php/ kumparan_fisika/article/view/6223. Diakses 6 Oktober 2019.

Fauzia, D. P., Badarudin, & Supriatna (2019). Peningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik melalui model inkuiri terbimbing. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 57-66. Tersedia pada https://ojs.uniskabjm.ac.id/index.php/jurnal-muallimuna/article/view/1860. Diakses 6 Oktober 2019.

Fisher, A. (2007). Berpikir kritis: sebuah pengantar. Surabaya: Erlangga.

Hajrin, M., Sadia, I. W., & Gunadi, I. G. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika kelas X IPA SMA Negeri. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 9(1), 63-74. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPF/issue/view/ 1179. Diakses 6 Oktober 2019.

Harlen, W. (2000). Teaching, learning and assessing science 5-12. London: Paul Chapman Publishing.

Harlen, W., & Qualter, A. (2004). The teaching of science in primary school (fourth edition). London: David Fulton Publiser.

Laila, N., & Lufri. (2019). The influence of guided inquiry learning model with LKPD assistance on attitude competencies of class XI students of SMAN 1 Sungayang. International Journal of Progressive Science and Thechnologies, 15(2), 171-175. Tersedia pada http://ijpsat.ijsht-journals.org. Diakses 6 Oktober 2019.

Nisa, E. K., Koestiari, T., Habibbulloh, M., & Jatmiko, B. (2018). Effectiveness of guided inquiry learning model to improve students’ critical thinking skills at senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 4, 012049. Tersedia pada https://iopscience.iop.org. Diakses 15 Desember 2019.

Nurdin, H., Jalmo, T., & Ertikanto, C. (2018). Effectiveness of guided inquiry model student worksheet to improve critical thinking skill on heat material. International Journal of Advanced Engineering, Management and Science, 4(7), 564-573. Tersedia pada https://ijaems.com. Diakses 15 Desember 2019.

Permendikbud No. 59. (2014). Kurikulum 2013 sekolah menengah atas/madrasah aliyah. Tersedia pada https://jdih.kemdikbud.go.id/. Diakses 15 Desember 2019.

Sa’adah & Kusasi, M. (2017). Meningkatkan sikap ilmiah dan pemahaman konsep menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi kesetimbangan kimia. QUANTUM, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 8(1), 78-88. Tersedia pada https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/ article/view/3861. Diakses 6 Oktober 2019.

Sadia, I. W. (2014). Model-model pembelajaran sains kontruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Seranica, C., Purwoko, A. A., & Hakim, A. (2018). Influence of guided inquiry learning model to critical thinking skill. IOSR Journal of Research & Method in Education, 12(4), 407422. Tersedia pada www.iosrjounals.org. Diakses 6 Oktober 2019.

Siburian, J., Corebima, A. D., Ibrohim, & Saptasari, M. (2019). The correlation between critical and creative thinking skill on cognitive learning result. Eurasian Journal of Educational Research, 19(81), 99-114. Tersedia pada http://ejer.com.tr. Diakses 6 Oktober 2019.

Sitorus, H. H., Hasruddin, & Edi, S. (2017). The influence of inquiry learning model on student’s scientific attitudes in ecosystem topic at MTs. Daarul Hikmah Sei Alim (islamic junior high school) Asahan. International Journal of Humanities, Social Science and Education, 4(11), 170-175. Tersedia pada https://www.arcjournals.org/. Diakses 15 Desember 2019.

Wildan,W., Hakim A., Siahaan, J., & Anwar, Y. A. S. (2019). A stepwise inquiry approach to improving communication skill and scientific attitude on biochemistry course. International Journal of Instruction, 12(4), 407-422. Tersedia pada www.e-iji.net. Diakses 6 Oktober 2019.

Downloads

Published

2020-07-14

Issue

Section

Articles