EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA MA RIYADHUS SOLIHIN

Authors

  • Sulistiyono Sulistiyono STKIP PGRI LUBUKLINGGAU

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i2.27826

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan  pemahaman konsep fisika. Jenis penelitian yang dunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experiment research menggunakan pretest posttest control group design. Popolasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X MA Riyadhus Sholihin teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling kelas X MIPA 1 sebagai eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Keterampilan proses sains diukur dengan menggunakan tes esay untuk keterampilan proses sains intelektual dan observasi untuk mengukur keterampilan proses sains manual. Pemahaman konsep fisika siswa diukur dengan menggunakan tes objekti. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan Uji MANOVA dan korelari Pearson. Pemahaman konsep fisika siswa diukur dengan menggunakan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep fisika siswa di kelas X MA Riyadhus Sholihin pada materi Suhu dan kalor.

References

Agustin, R, Risa & Supardi, Z.A.I. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Kemampuan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Kalianget. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 3, 14-19.

Baharuddin dan Wahyuni, N. (2015). Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Budi. (2016). Pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyrakat terhadap pemahaman konsep biologi dan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganecha.

Demirbag, M. & Gunel, M. (2014). Integrating Argument-Based Science Inquiry with Modal Representations: Impact on Science Achievement, Argumentation, and Writing Skills. Educational Science 14 (1): 386391.

Fauzy et al. (2013) Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri, Perspektif Teori Belajar. Jurnal Pendidikan Widya Dharma, 23, 77-91

Kemendikbud. 2013.Kerangka Dasar Kurikulum 2013.Kementerian Pendidikandan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar . Jakarta.

Lubis, M,. Muthmainnah., Nurdin., Chaeruman, U. A & Saeffudin. (2011). Kompetensi Guru. Jakarta : Teknologi Pendidikan UNJ.

Permendikbud No. 65 Tahun 2013Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar danMenengah.

Purnami, Rahayu, S., dan Rohayati. (2013). Implementasi metode experiential learning dalam pengembangan softskills mahasiswa yang menunjang integrasi teknonlogi, manajemen dan bisnis. ISSN 1412-565: 98-104.

Ridyah, S. W. dan Siti, S. (2016). Pembelajaran IPA terpadu tipe connected model experiential learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP. EDUSAINS, 8 (2): 122-127.

Suciati, Chrisnia, O., dan Luthfiana, N. (2017). Hubungan antara keterampilan laboratorium dengan kemampuan kognitif siswa pada penerapan kolbs experiential learning model (KELM) di kelas XI. Seminar Nasional Pendidikan Sains II UKSW.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardjo : 2012 Optimalisasi Pendidikan Karakter dalam Pendidkan Sains Masa Depan. Yogyakarta : makalah disampaikan pada seminar nasional pendidikan sains pada tanggal 3 November 2012 di UNY.

Sulistiyono, S., & Dewiyanti, F. (2014). Penerapan Model Prediction, Observation, Explanation (POE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X1 SMA Negeri 8 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Perspektif Pendidikan, 8(1), 16-21.

Sulistiyono, M., & Kuswanto, H. (2017). Pengembangan Panduan Praktikum Fisika Berbasis Inkuiri Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Siswa SMA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 89-98.

Sulistiyono, S. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa dengan pendekatan kerja laboratorium untuk meningkatkan keterampilan proses fisika. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 1(1), 59-64.

Downloads

Published

2021-02-22

Issue

Section

Articles