PENERAPAN BAHAN AJAR FISIKA DENGAN VARIASI BENTUK TUGAS BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA TEKNIK

Authors

  • Eliyarti Eliyarti Universitas Ekasakti Padang
  • Chichi Rahayu Universitas Ekasakti Padang
  • Zakirman Zakirman Universitas Negeri Padang, Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i2.29910

Keywords:

bahan ajar Fisika, pembelajaran berbasis web, variasi tugas,

Abstract

Abstrak

Dengan menerapkan pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis web di perguruan tinggi khususnya dalam perkuliahan Fisika diharapkan mahasiswa mampu memahami berbagai konsep Fisika dan soal-soal dan  menggunakan teknologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu didasarkan atas adanya kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini mahasiswa tingkat I Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Ekasakti dalam perkuliahan Fisika Dasar semester ganjil 2019/2020. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis yang terdiri dari soal objektif. Teknik analisis data menggunakan uji-t, namun sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar Fisika mahasiswa kelas eksperimen yaitu 84,75 sedangkan kelas kontrol 80,69. Hal ini menunjukan hasil belajar Fisika mahasiswa kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar Fisika kelas kontrol. Selanjutnya berdasarkan hasil uji-t terhadap hasil belajar tersebut diperoleh bahwa thitung >  ttabel, yaitu 2,04  > 1,67. Adanya perbedaan nilai antara thitung dengan ttabel menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang berarti penerapan bahan ajar dengan variasi bentuk tugas berbasis web dengan yang tidak menggunakan bahan ajar ini. Dengan demikian bahan ajar Fisika dengan variasi bentuk tugas berbasis web memberikan pengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa teknik.

References

Bhakti, Y. B. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Metode Pemberian Fisika Menggunakan Metode Pemberian Tugas Terstruktur. Jurnal Pendidikan Fisika, V(2), 138–147.

Daryanto, D. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Eliyarti, E., & Rahayu, C. (2019a). Deskripsi Efektivitas Kegiatan Praktikum Dalam Perkuliahan Kimia Dasar Mahasiswa Teknik. Edu Sains : Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7(2), 51–60.

Eliyarti, E., & Rahayu, C. (2019b). Tinjauan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Teknik Dalam Perkuliahan Kimia Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(2), 196–204.

Gusta, W., Christina, D., & Zakirman, Z. (2020). Improved Student Collaboration Skills On English Learning Using Jigsaw Models. International Journal of Scientific & Technology Research (IJSTR), 9(03), 1051–1056.

Gustina, G., Ananda, A., Kosasih, A., Zakirman, Z., & Ardimen, A. (2020). Contribution Of Edmodo Smartphone Application To Support Assessment Activities In The Social Science Learning Process ; Students Review. International Journal of Scientific & Technology Research (IJSTR), 9(03), 774–777.

Hartanto, A. ., & Purbo, O. . (2005). Teknologi ELearning Berbasis PHP dan MYSQL. Jakarta: Elek Media Komputindo.

Herayanti, L., Fuadunnazmi, M., & Habibi, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle Pada Matakuliah Fisika Dasar. Cakrawala Pendidikan, XXXVI(2), 210–219.

Hidayatulah, A. H., Yushardi, Y., & Wahyuni, S. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Interaktif Dengan Aplikasi E-Learning Moodle Pada Pokok Bahasan Besaran Dan Satuan di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 110–115.

Martono, S. M. (2017). Pengaruh Pemberian Tugas Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Mahasiswa. Jurnal Karkasa, 3(1), 1–4.

Prihatini, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Pemberian Tugas Rumah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 3 Tapung. Jurnal Madania, 8(1), 53–66.

Purmadi, A., & Surjono, H. D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Untuk Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 151–165.

Putri, S. D., Ulhusna, M., Zakirman, Z., & Gusta, W. (2020). Improvement of Student Science Literacy Skills Through Edmodo- Based Teaching Materials in Learning Science in Elementary School. International Journal of Scientific & Technology Research (IJSTR), 9(03), 4649–4652.

Rahayu, C., & Eliyarti, E. (2019). Implementation of Physics Learning Materials Based Generative Learning With Open-Ended Problem Approach To Stimulate Critical Thinking Skills. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 4(2), 99. https://doi.org/10.26737/jipf.v4i2.1096

Rahayu, C., Eliyarti, E., & Festiyed, F. (2019). Kepraktisan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Generative Learning dengan Pendekatan Open-ended Problem. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(3), 164–176. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i3.6139

Rahayu, C., & Festiyed. (2018). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Model Pembeljaran Generatif Dengan Pendekatan Open-Ended Problem Untuk Menstimulus Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 1–6.

Setiawan, A., & B, I. W. (2017). Desain Bahan Ajar Yang Berorientasi Pada Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Untuk Capaian Pembelajaran Pada Ranah Pemahaman Siswa Pada Mata pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Plered Kabupaten Cirebon. Jurnal Edunomic, 5(01), 17–32.

Sudjana, N. (2011). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Supardi, U. ., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 2(1), 71–81.

Tambunan, H. (2013). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Website Dalam Matakuliah Pengaturan Mesin Listrik. Cakrawala Pendidikan, XXXII(1), 64–76.

Uzer, U. (2008). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yulizon, Y. (2017). Penerapan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar SDN 001 Kunto Darussalam. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 1(14), 153–160.

Zakirman, Z. (2019). Peningkatan Minat Baca Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Play-Think-Pair-Share di SDN 19 Nan Sabaris. Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 11(1), 41–51. https://doi.org/10.15548/shaut.v11i1.162

Zakirman, Z., Lufri, L., & Khairani, K. (2018). Factors Influencing the Use of Lecture Methods in Learning Activities : Teacher Perspective. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 178(ICoIE 2018), 4–6.

Zakirman, Z., Lufri, L., Khairani, K., & Rahayu, C. (2020a). Implementation of The Play-Think-Pair-Share (PTPS) Learning Model for Elementary School Students to Master Part of Top Skill 2020. International Journal of Scientific & Technology Research (IJSTR), 9(03), 4643–4648.

Zakirman, Z., Lufri, L., Khairani, K., & Rahayu, C. (2020b). The effect of using play-think-pair-share ( PTPS ) model to improve student learning outcomes in magnet topic for elementary school. IOP Conference Series: Journal of Physics, 1481, 0–11. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012078

Zakirman, Z., & Rahayu, C. (2018). Popularitas WhatsApp sebagai Media Komunikasi dan Berbagi Informasi Akademik Mahasiswa. Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 10(1), 27–38.

Downloads

Published

2021-02-22

Issue

Section

Articles