PENGARUH MODEL E-LEARNING BERBASIS GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA

Authors

  • Cok Gde Krisparinama Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Santyasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Yasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i2.29927

Keywords:

e-learning, group investigation, direct instruction, keterampilan berpikir kritis, pembelajaran fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang belajar degan model E-Learning berbasis Group Investigation (ELGI) dan model E-Learning berbasis Direct Intruction (ELDI). Penelitian ini adalah quasi-experiment menggunakan one way pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi sebanyak 6 kelas (215 siswa) kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ubud. Sempel sebanyak 2 kelas (72 siswa) yang ditentukan secara random assignment, sehingga terpilih siswa XI MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan siswa XI MIPA 6 sebagai kelompok kontrol. Data keterampilan berpikir kritis dikumpulkan dengan 16 butir soal esai dengan materi gelombang bunyi dan cahaya. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kovarian (ANAKOVA) satu jalur. Keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model ELGI kategori baik secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan yang belajar dengan model ELDI kategori cukup. Implikasinya, bahwa dalam rangka pencapaian berpikir kritis siswa saat pembelajaran fisika di SMA, mereka sebaiknya difasilitasi dengan model E-Learning berbasis Group investigation.

Author Biography

Cok Gde Krisparinama, Universitas Pendidikan Ganesha

Sarjana Pendidikan Fisika

References

Billy, M., Hendriyani, M. E., & Resti, V. D. A. (2017). Pprofil kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran group investigation (gi) pada konsep sistem gerak. Biodidaktika, 12(2), 25-44. Tersedia pada: http://jurnal.untirta.ac.id /index.php/biodidaktika/article/view/2328. Diakses 08 Pebruari 2020

Budianti, Yudi., & Purwatiningsih, Ani. (2018) Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan model cooperative tipe group investigation pada siswa kelas v sd negeri harapan jaya 1 bekasi utara. PEDAGOGIK, 4(1), 1-8. Tersedia pada: http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article /view /430. Diakses 10 Pebruari 2020

Ennis, R. H. (2016). Critical Thinking Across the Curriculum: A Vision. Tersedia pada: https://link.springer .com/article/10.1007/s11245-016 9401 -4. Diakses 08 Oktober 2019

Gumilar, R. (2019). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan metode group investigation. JMP Online, 3(12), 1553-1562. Tersedia pada: http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/655. Diakses 08 Pebruari 2020

Herlina, M., Rahayu, I., & Wiksya, Y. D. (2019). Pengaruh model pembelajaran group investigation (gi) terhadap berpikir kritis dan keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran ipa biologi kelas x sman 2 argamakmur. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 3(2), 142 – 152. Tersedia pada : https://ejournal.unib.ac.id /index.php/jppb/article/view/8724. Diakses 10 Pebruari 2020

Muliana, S., Muhiddin, N. H., & Yunus, S. R. (2019). Pengaruh model kooperatif tipe group investigation (gi) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pokok sistem ekskresi kelas viii smp negeri 15 makassar. Jurnal Ipa Terpadu, 2(2), 67-74. Tersedia pada: http://ojs.unm.ac.id/index.php/ipaterpadu. Diakses 30 Januari 2020

Santyasa, I. W., Kancab, I. N., Warpala, I. W., & Sudarma, I. K. (2019) Group investigation and explicit learning models in learning physics at senior high schools. JPPPF: (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), 5(2), 203-206. Tersedia pada: e-Jurnal: http://doi.org/10.21009/1. Diakses 30 Januari 2020

Santyasa, I. W., Kancab, I. N., Warpala, I. W., & Sudarma, I. K. (2018). The power of group investigation model on student critical thinking, attitude, and character in learning physics. Disajikan dalam Seminar 1st International Conference on Creativity, Innovation, Technology in Education (IC-CITE 2018).

Santyasa, I. W. (2017). Pembelajaran inovatif. Singajara: Undiksha Perss

Suryani, N & Agung, L. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Penerbit Ombak

Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). (2014). programme for international student assessment (pisa). Tersedia pada: https://www.oecd.org /pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf. Diakses 02 Januari 2020

Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). (2016). programme for international student assessment (pisa). Tersedia pada: https://www.oecd.org/ pisa/ PISA-2015-Indonesia.pdf. Diakses 30 Maret 2019

Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).(2019). programme for international student assessment (pisa). Tersedia pada: https://www.oecd.org/ pisa/Combined_Executive_Summaries_PISA_ 2018.pdf. PISA-2015-Indonesia. pdf . Diakses 02 Januari 2020

Downloads

Published

2021-02-22

Issue

Section

Articles