PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT PERAGA PADA MATERI KONVERSI ENERGI GERAK MENJADI ENERGI LISTRIK UNTUK SISWA SMA KELAS X

faradila aulia alifteria, mita anggaryani anggaryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas media kognitif untuk menjelaskan konsep konversi energi. Metode penelitian menggunakan ADDIE yang terdiri dari 5 aspek yaitu: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, evaluasi, dengan batasan implementasi pada skala uji laboratorium. Penelitian ini memuat tujuh prosedur pengembangan, yaitu: (1) desain (2) analisis; (3) revisi; (4) uji laboratorium; (5) analisis data; (6) laporan dan (7) validasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji alat peraga dan uji validasi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah analisis hasil tes alat peraga dan validitas alat peraga menggunakan skala likert yang divalidasi oleh dua orang dosen ahli, dua orang guru fisika SMA dan dua alumni program studi pendidikan fisika. Kesimpulan dari analisis dan pembahasan uji alat peraga menunjukkan bahwa alat peraga dapat mengubah energi dari gerak menjadi energi listrik mengikuti teori yang diajarkan. Beberapa faktor yang menunjukkan gejala konversi energi gerak menjadi energi listrik, sehingga cocok digunakan sebagai alat peraga dan alat praktikum fisika pada materi konversi energi kelas X SMA. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa alat peraga layak digunakan dengan hasil validasi 90% (sangat valid).

Keywords


props; energy conversion; validity

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asyhar, Rayanda. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

Burns, J. C., Okey, J. R., & Wise, K. C. 1985. “Development of an integrated process skill test: TIPS II”. Journal of Research in Science Teaching. Vol 22 (2): Hal 169–177

Deta,U.A, Suparmi, S.Widha.2013. “Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing dan Proyek, Kreativitas, serta Keterampilan Proses Sains terhadap Prestasi Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.Vol 9 : Hal 28-34.

Didit Widiatmoko. 2012. Metodologi Penelitian Visual, Bandung: Dinamika Komunikasi.

Dong, Y., Bartol, K. M., Zhang, Z. X., & Li, C. (2017). Enhancing employee creativity via individual skill development and team knowledge sharing: Influences of dual focused transformational leadership. Journal of Organizational Behavior, 38(3), 439 458.

Ennis, R.H. 1985. Goals for a Critical Thinking in Curriculum. Developing Minds A Resource Book for Teaching Thinking. Virginia : Association for Supervisions and Curriculum Development (ASCD).

Fathurrohman, Pupuh Dan M Sobry Sutikno. 2011. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islam. Bandung: Refika Aditama

Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartini, Sri.dkk . 2018. “Pengembangan Alat Peraga Fisika Energi melalui Perkuliahan Berbasis Project Based Learning”. Jurnal Vidya Karya. Vol 33 (1) : Hal 42-50.

Heinich, R.dkk. 1993. Instructional Media (and the new technologies of instruction). New York: Macmillan Publishing.

Huda, Nurul dan Hikmawati Kosim. 2019. TheEffect Of The Contextual Approach Assisted By Teaching Aids On Concept Mastery And The Problem Solving Ability Of Physics Problem.Jurnal Pijar MIPA, Vol. 14 1,Maret 2019:62-72.22.

Husna, Nuril.dkk. 2019. Pengembangan Miniatur Konversi Energi Gerak sebagai Media Pembelajaran Fisika Kontekstual. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (Gravitasi). Vol 2 (2): Hal 14 – 22.

Istambun. 2016. Ebook Mesin Konversi Energi (Online (https://www.slideshare.net/istambun/ebook-mesin-konversi-energi diakses 2 April 2020).

Jack, G. U. (2013). The Influence of Identified Student and School and School Variables on Students’ Science Process Skills Acquisition. Journal of Education and Practice, 4(5), 15–23.

Jalil, R.M., Pratiwi, R., & Setiawan, B. (2016). Kelayakan Media Alat Peraga Air Mancur Sederhana Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Hukum Boyle. Pendidikan Sains, 4(3), 1-7

Jihad, Asep dan abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Presindo. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Implementasi Kurikulum 2013 (Online) (https://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/dokumen/Paparan.com

diunduh pada 5 Maret 2020).

Kemp, J.E. dan Dayton, D.K. 1985. “Planning and Producing Instruction. Media”. New York. Cambridge: Harper & Row Publishers.

Khan, Muzaffar and Iqbal, Muhammad Zafar. 2011. Effect of Inquiry Lab Teaching Method on the Development of Scientific Skills Through the Teaching of Biology in Pakistan. Language in India, 11(1): 169-178.

Komariyah, Siti. dkk. 2017. “Pengembangan Model Pembangkit Listrik Tenaga Angin untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis”. Makalah disajikan pada Prosiding Seminar Nasional Fisika., Jakarta, Oktober 2017.

Maharani, Meyrika. 2017. Pengembangan Alat Peraga pada Materi Usaha dan Energi untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains melalui Model Inquiry Discovery Learning (IDL) Terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, Vol.5 No.3

Mukminan. 2013 “Kurikulum 2013 pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah”. Makalah disajikan pada Workshop Pengkajian Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah, Yogyakarta, 25 Oktober 2013.

Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Neufeld, P., Mirzaei, O., Runco, M., & Maw, S. (2017). Creativity in Design Engineers: Attitudes,Opinions and Potentially Influential Factors. Proceedings of the Canadian Engineering Education Association

Pramesty, R. I., & Prabowo. 2013. “Pengembangan Alat Peraga KIT Fluida Statis Sebagai Media Pembelajaran Pada Sub Materi Fluida Statis di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mojosari, Mojokerto”. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol 2(3) : Hal 70–74.

Prasetyarini, Ayomi. 2013. “Pemanfaatan Alat Peraga IPA untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika pada Siswa SMP Negeri 1 Buluspesantren Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013 ”. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika. Vol 2 (1) : Hal 7-10.

Pujiati. 2004. Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika SMP,. Yogyakarta : PPPG Matematika.Putri, M.P dan Kurniawati, W. Pengembangan Alat Peraga Pemanasan Global Berbahan Bekas Pakai untuk Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan. (online) (https://core.ac.uk, diakses pada 4 Oktober 2020).

Putra, M. I. S., Widodo, W., & Jatmiko, B. (2016). the Development of Guided Inquiry Science Learning Materials To Improve Science Literacy Skill of Prospective MiTeachers. JPII, 5(1), 83–93. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5794

Religia, Racy. Hainur Rasyid Achmadi. 2017. Pengembangan KIT Sederhana Stirling Engine pada Materi Termodinamika sebagai Media Pembelajaran Fisika SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol.06 No. 03 Hal.113-119

Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Riyana, Cepi. 2008. Media Pembelajaran. Bandung :CV Wacana.

Riyana, Cepi, Susilana, Rudi. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat,. Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Swasono, Fajar. 2013. Pengembangan Alat Konversi Energi sebagai Alat Peraga Materi. Jurnal Pembelajaran Fisika UNILA, Vol.1 No.4.

Tedi, Arnoldus, dkk.2013. Pengembangan KIT pada Materi Pesawat Sederhana pada Siswa SMP Satu Atap 1 Kedondong. Jurnal Pembelajaran Fisika UNILA, Vol.1 No.7

Tegeh, Made Dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yalcin, S. A., Turgut, U., & Buyukkasai, E. (2014). The Effect of Project Based Learning on Science Undergraduates’ Learning of Electricity, Attitude Towards Physics and Scientific Process Skills. International Online Journal of Education Sciences, 1(1), 81 105.

Zuhal.1988. Dasar Teknik Tenaga Listrik dan Elektronika Daya. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpf.v11i1.31295

Article Metrics

Abstract view : 1028 times
PDF file view : 896 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal is published by:

Prodi Pendidikan Fisika

Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Universitas Pendidikan Ganesha

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali

Kode Pos 81116

Telp. 0362-27213

 

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha indexed by:

 

 Crossref