HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BACA SISWA DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMP PGRI 2 SEKAMPUNG

Ayang Kinasih, Erni Mariana

Abstract



Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan di kelas yang telah dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung banyak siswa yang mengobrol sendiri, tidak memperhatikan penjelasan guru pada saat pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan antara Motivasi Belajar dan Minat Baca Siswa dengan Hasil Belajar Fisika Siswa SMP PGRI 2 Sekampung semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Korelasi dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIc SMP PGRI 2 Sekampung yang terdiri dari 36 siswa sebagai sampel. Rancangan penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kuantitatif. Hasil penelitian tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dan minat baca siswa dengan hasil belajar fisika siswa. Hal ini terlihat pada fhit > fdaf bernilai positif artinya motivasi belajar dan minat baca siswa sebesar 33,3% dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa.


Keywords


Motivasi Belajar; Minat Baca; Hasil Belajar Fisika

Full Text:

PDF

References


Ainy, Q., & Pratama, H. (2020). Teacher social competence, student learning motivation, and learning outcomes in English subject. ELT Forum: Journal of English Language Teaching. https://doi.org/10.15294/elt.v9i1.38131

Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727

Ermelinda, Benge. (2017). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Pada siswa SD Journal of Education Technology. Vol. 1 No. (4) pp. 231-238.Terdapat pada ejournal.undiksha.ac.id.

Ebrahim, E. A. (2016). Multivariate Analysis of Factors Influencing Achievement of Students in Selected Subjects at Secondary School Level: A Case Study of Grade 10 Students at Hawassa City, Ethiopia. In Type: Double Blind Peer Reviewed International Research Journal Publisher: Global Journals Inc.

Fahrurrozi, Rachmadtullah, & Hasanah, U. (2020). The influence of reading interests, vocabulary mastery and critical thinking on reading comprehension in elementary school students. International Journal of Psychosocial Rehabilitation.

Fitrianingsih, Muharam, L. O., & B, S. S. (2017). Hubungan motivasi belajar dengan minat baca di perpustakaan pada siswa SMP Negeri 5 Kendari. Jurnal Belajar Bimbingan Dan Konseling.

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR IPS. (2019). Joyful Learning Journal. https://doi.org/10.15294/jlj.v8i4.33306

Khairuddin, Z. (2013). A Study of Students’ Reading Interests in a Second Language. International Education Studies. https://doi.org/10.5539/ies.v6n11p160

Kusuma, C. S. D. (2017). Counteract hoax through reading interest motivation. International Journal of Business Quantitative Economics and Applied Management Research.

Leni Marlina, Caska & Mahdum. (2017). Hubungan minat baca dan motivasi belajar dengan hasil Belajar ekonomi siswa kelas XI Ips SMAN 10 Pekanbaru. Pekbis Jurnal, Vol.9, No.1, 33- 47. Terdapat di www.neliti.com/id/publications.

Mariana, E. (2018). PENGARUH KELENGKAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP KARTIKATAMA METRO KELAS VIII. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.414

Muhibbin. (2011). Psikologi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Mulyani, & Nurliana. (2017). Hubungan antara Minat Baca terhadap Kemampuan Membaca pada siswa kelas IV Sd Negeri 32 Banda Aceh. Tunas Bangsa.

Nurdin, -. (2012). Pengaruh Minat Baca, Pemanfaatan Fasilitas dan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Terpadu SMP Negeri 13 Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.710

Nursalina, A. I., & Budiningsih, T. E. (2014). Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Minat Membaca Pada Anak. Educational Psychology Journal.

OECD. 2018. PISA 2018 Insights and Interpretations, PISA, OECD Publishing. https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm.

Purwanto, Ngalim. (2012). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung:remaja Rosdakarya.

Riyanto, & Aryulina, D. (2020). Implementing immediate feedback with unlimited plus bonus points to increase college student learning motivation and achievement. International Journal of Instruction. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13327a

safitri, A. Hasmunir. Kamaruddin, T. (2017). Hubungan Minat Baca dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII MTsN Kutabaro. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah.

SARI, A. (2018). Pengaruh Minat Baca Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Iis Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 1 Mojosari. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE).

Sudjana, Nana. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Ulfah, Y., An’nur, S., & Mahardika, A. I. (2015). Hubungan Antara Minat dan Motivasi Dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 10 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 146. https://doi.org/10.20527/bipf.v3i2.755




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpf.v11i1.32396

Article Metrics

Abstract view : 450 times
PDF file view : 386 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal is published by:

Prodi Pendidikan Fisika

Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Universitas Pendidikan Ganesha

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali

Kode Pos 81116

Telp. 0362-27213

 

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha indexed by:

 

 Crossref