STUDI LITERATUR : ANALISIS PRAKTIK PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH

Churoni Fryda Hajar Ayudha, Woro Setyarsih

Abstract


Pemecahan masalah (problem solving) merupakan salah satu keterampilan yang wajib dimiliki peserta didik di abad 21, terutama pada mata pelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis indikator yang digunakan pada keterampilan pemecahan masalah, menganalisis praktik pembelajaran (model, media pembelajaran, dan materi) fisika yang dapat melatih keterampilan pemecahan masalah peserta didik tingkat SMA, dan menganalisis penyebab peserta didik kesulitan memecahkan masalah fisika. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur dengan analisis bibliometrik. Data penelitian diperoleh dari 21 artikel yang diseleksi melalui Publish or Perish yang terindikasi Scopus dari tahun 2016-2020 dalam bentuk article journal dan conference paper. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 15 penulis artikel memenuhi empat indikator keterampilan pemecahan masalah menurut G. Polya, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai rencana, dan melakukan pengecekan kembali terhadap semua langkah dan melakukan evaluasi. Berdasarkan hasil kajian studi literatur didapatkan beberapa rekomendasi model pembelajaran yang dapat melatih keterampilan pemecahan masalah, yaitu model pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang menekankan pada student centered learning dan bantuan media teknologi, seperti PBL, pembelajaran inkuiri, PjBL, dan pembelajaran kolaboratif, terutama pada materi mekanika. Hasil lain didapatkan faktor utama penyebab peserta didik kesulitan memecahkan masalah fisika adalah guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. 


Keywords


Keterampilan pemecahan masalah; pembelajaran fisika; bibliometrik

Full Text:

PDF

References


Abdulfattah, A; Supahar. 2019. The development of high school physics problem solving skills test instruments based problem-based learning. Journal for the Education of Gifted Young Scientists Vol 7 (4) 1037-1052.

Almudí, J M; Zuza, K; Guisasola, J. 2016. Learning of electromagnetic induction theory in general physics university courses. A teaching based on guided problem solving. Ensenanza de las Ciencias Vol 34 (2) pages 7-24.

Amanah. P D, Harjono. A, Gunada. I W. 2017. Kemampuan pemecahan masalah dalam fisika dengan pembelajaran generatif berbantuan scaffolding dan advance organizer. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi Vol.3 No. 1.

Aminulloh, R; Suhendra; M, Ristiana. 2020. Improvement physics problem’s solving ability of senior high school students by using inquiry models with everyone is a teacher here strategy. Journal of Physics: Conference Series Vol 1657 (1).

Argaw, A: Haile, B; Ayalew, B; Kuma, S. 2017. The effect of problem based learning (PBL) instruction on students' motivation and problem solving skills of physics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education Vol 13 (3) 857-871.

Azizah. R, Yuliati. L, Latifah. E. 2015. The physic problem solving difficulties on high school student. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA) Vol 5 (2)

Azninda. H, Setyarsih. W. 2018. Penerapan model pembelajaran problem based learning menggunakan strategi self regulated learning untuk meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik. Inovasi Pendidikan Fisika Vol 07 (2) 347-352

Cahyani. H, Setyawati. R W. 2016. Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui pbl untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016

Dermawan. A. 2014. Keefektifan collaborative learning berbasis quiz edutainment terhadap ketuntasan hasil belajar. Chemistry in Education Vol 3 (1).

Destalia. L, Suratno, Aprilya. S H. 2014. Belajar melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah (PBM) dengan metode eksperimen pada materi pencemaran lingkungan. Saintifika Vol. 3 (4) 213-224.

Docktor, J L, Dornfeld, J., Frodermann, E., Heller, K., Hsu, L., Jackson, K. A,Yang, J. 2016. Assessing student written problem solutions : A problem-solving rubric with application to introductory physics. Physical Review Physics Education Research, 12(1), 1–18.

Iolanessa. L, Kaniawati. I, Nugraha. M G. 2020. Pengaruh model problem based learning (pbl) menggunakan pendekatan stem dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa SMP. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) 2020, Vol.5 No.1:113-117

Iradat, R; Alatas, F. 2017. The implementation of problem-solving based laboratory activities to teach the concept of simple harmonic motion in senior high school. Journal of Physics: Conference Series Vol 895 (1).

Jayadiningrat. M G, Ati. E K. 2018. Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Vol 2 (1) 1-10.

Kristanti. Y D, Subiki, Handayani. R D. 2016. Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning model) pada pembelajaran fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 5 (2) 122 – 128

Kurniawan, A; Suhandi, A; Kaniawati, I. 2019. Effect of application of dilemmatic problem solving oriented learning model in physics teaching on improvement decision making skills senior high school students. Journal of Physics: Conference Series Vol 1157 (3).

Kurniawan. B R, Taqwa. M R A. 2018. Pengembangan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi listrik dinamis. Jurnal Pendidikan, Vol 3 (11) 1451—1457.

Lestari. P E, Purwanto. A, Sakti. I. 2019. Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Konsep Usaha dan Energi di SMA. Jurnal kumparan fisika, Vol 2 (30) 161-168.

Nuryudi. (2016). Analisis bibliometrika islam: studi kasus dokumentasi publikasi ilmiah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Al-Maktabah: Jurnal Komunikasi dan Informasi Perpustakaan. 15 (1), 41-55.

Nusaila, Siti & Farida. 2015. Problem solving strategy in balanced forces. International Journal of Business and Social Science, 6(8), 94–98

Putra, A; Masril, M; Yurnetti, Y. 2018. Planning model of physics learning in senior high school to develop problem solving creativity based on national standard of education. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering Vol 335 (1).

Ratnaningdyah. D. 2017. Upaya melatihkan kemampuan pemecahan masalah melalui pembelajaran fisika dengan model cooperative problem solving (CPS). Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika Vol 2 (1) 1-3

Retno, N H D; Sunarno, W; Marzuki, A. 2019. Influence of physics problem-solving ability through the project based learning towards vocational high school students' learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series Vol 1307 (1).

Rohkmat, J., Marzuki, Wahyudi, & Putrie, S. D. (2019). Physics-informed neural networks: A deep learning framework for solving forward and inverse problems involving nonlinear partial differential equations. Journal of Turkish Science Education Vol 16 (4) 569-579..

Ryan, Q. X., Frodermann, E., Heller, K., Hsu, L., & Mason, A. 2016. Computer problem-solving coaches for introductory physics: design and usability studies. Physical Review Physics Education Research, 12(1), 10105

Safriani, Fatmi. N. 2018. Analisis miskonsepsi materi mekanika pada mahasiswa calon guru melalui force concept inventory dan certainty of response index. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 6 (2), 90-94

Shabrina; Kuswanto, H. 2018. Android-assisted mobile physics learning through Indonesian batik culture: Improving students' creative thinking and problem solving. International Journal of Instruction Vol 11 (4) 287-302.

Shute, V. J., Wang, L., Greiff, S., Zhao, W., & Moore, G. 2016. Computers in human behavior measuring problem solving skills via stealth assessment in an engaging video game. Computers in Human Behavior, 63, 106–117.

Sidiq, Muhaemin. 2019. Panduan analisis bibliometrik sederhana. DOI: 10.13140/RG.2.2.15688.37125

Supeno, Subiki, Laili Widya Rohma.2018. Students’ ability in solving physics problems on Newtons’ law of motion. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi 07 (1) (2018) 59-70.

Suprapto. N, Sukarmin, Rinie Pratiwi Puspitawati, Erman, Dian Savitri, Chih-Hsiung K. 2020. Research trend on technological pedagogical content knowledge (TPACK) through bibliometric analysis (2015-2019)

Yulianingsih, S, Kurnia. D, Julia. J. 2020. Pemetaan sistematik dalam topik kajian problem posing berdasarkan analissis bibliometrik. Jurnal Pena Ilmiah: Vol 3, No 2 (2020).

Yulianingsih. K A, Sukarsa. K G, Suciptawati. L P. 2020. PenerapanXregresiXpoissonXuntuk mengetahuiXfaktor-faktorXyangXmemengaruhiXjumlahXsiswaXSMA/SMKXyangXtidakXlulus UN di Bali. e-Jurnal Matematika Vol. 1 (1) 59-63.

Yusuf. B B. 2018. Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Kelimnuwan Vol 1 (2) 13-20.

Zunanda. M, Sinulingga. K. 2017. Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan pemecahan masalah fisika siswa SMK. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 4 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpf.v11i1.33427

Article Metrics

Abstract view : 1840 times
PDF file view : 998 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal is published by:

Prodi Pendidikan Fisika

Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Universitas Pendidikan Ganesha

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali

Kode Pos 81116

Telp. 0362-27213

 

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha indexed by:

 

 Crossref