TINDAK GURU DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X DI SMA LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA

Authors

  • Ayu Tika Dhyana Ningsih .
  • Prof. Dr.I Wayan Suastra,M.Pd .
  • Drs. I Nyoman Subratha,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v1i1.3442

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak guru dalam pembelajaran fisika yang berkaitan dengan perencanaan pembelajaran, pengembangan perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pengelolaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Metode penelitian yang di pergunakan adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga metode yaitu metode dokumentasi, wawancara dan observasi. Penelitian ini melibatkan dua orang guru yang menjadi fokus pengamatan dan sumber informasi. Hasil penelitian menghasilkan lima kesimpulan sebagai berikut. Pertama perencanaan yang dilaksanakan oleh guru sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan strandar yang ditetapkan oleh pemerintah melalui standar isi pada Permendiknas No. 41 tahun 2007. Kedua pengembangan yang dilakukan oleh sebagian guru dalam perencanaannya meliputi metode belajar yang inovatif dengan siklus 5e. Ketiga pelaksanaan pembelajaran tidak sepenuhnya menerapkan rancangan perencanaan pembelajaran yang telah disusun . Keempat pengelolaan pembelajaran kurang maksimal terutama pada metode pembelajaran yang diterapkan, sehingga tujuan pembelajaran belum sepenuhnya tercapai. Kelima penilaian dilakukan oleh guru dengan menerapkan penilaian yang komperhensif meliputi penilaian afektif, kognitif dan psikomotor
Kata Kunci : tindak guru, perangkat pembelajaran fisika

This study aimed at describing the teacher action in physics learning that dealt with the learning plan, learning device development, implementation of learning, and learning management & assessment. The research was qualitative research methods. The data was collected by using three methods: a method of documentation, interview, and observation. This study involved two teachers as the focus of research and the resources of information. The results of the study produce five conclusions: First, planning is carried out by the teachers before carrying out learning activities according tothe standards set by the government through the content standards at Permendiknas No. 41 of 2007. Second, the development which is conducted by some teachers in the lesson plan involved the innovative learning method by using 5E cycle. Third, the implementation of learning doesn’t fully implement the lesson plan which has been prepared. Fourth, the management of the learning is less maximum mainly for the learning method which is applied. Fifth, the assesment which is done by the teacher with implementing of comprehensive assesment includes affective, cognitive, and psychomotor evaluation.
keyword : teacher act, learning device of physics

Published

2014-07-15

Issue

Section

Articles