PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SAINS

Authors

  • Ketut Janur Antariani .
  • Drs. I Made Wirta, M.Pd .
  • Putu Artawan, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v1i1.3467

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan prestasi belajar sains antara siswa yang belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbantuan peta konsep (Concept Mapping) (MPKTJ-CM), Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw (MPKTJ), dan Model Direct Instruction (MDI). Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan rancangan pretest-posttest non-equivalent control group design. Sampel diambil dengan cara simple random sampling dan berjumlah 96 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar sains berbentuk tes pilihan ganda. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan teknik Anava pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar sains antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan MPKTJ-CM, kelompok siswa dengan MPKTJ, dan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan MDI dalam pembelajaran IPA Terpadu (F= 14,345; p<0,05). Nilai perbedaan rata-rata (mean difference) prestasi belajar sains kelompok siswa belajar menggunakan MPKTJ-CM berbanding dengan MPKTJ adalah 0,077, nilai perbedaan rata-rata (mean difference) prestasi belajar kelompok siswa belajar menggunakan MPKTJ-CM berbanding dengan MDI adalah 0,179, sedangkan nilai perbedaan rata-rata (mean difference) prestasi belajar kelompok siswa belajar menggunakan MPKTJ berbanding dengan MDI adalah 0,102. Kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan MPKTJ-CM menunjukkan prestasi belajar sains yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan MPKTJ dan MDI.
Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw concept mapping, model direct instruction, prestasi belajar.

This research aimed at analyzing the differences among the learning achievement of the students who learned science by using concept maps assisted jigsaw type cooperative learning model, the students who learned science by using jigsaw cooperative learning model, and the students who learned science by using direct instruction model. This research was quasi -experiment research with the pretest -posttest non - equivalent control group design. The samples was taken by simple random sampling where the total sampels were 96 students. The instrument of learning achievement was multiple choice test. The data were analyzed descriptively by using ANOVA technique at 5 % significance. The result of this study shows that there is a significant difference of science learning achievement among group of students who are taught by using MPKTJ - CM , a group of students who are taught by using MPKTJ, and a group of students who are taught by using MDI ( F = 14.34, p <0.05 ). The mean difference score between group of students who learn by using MPKTJ - CM and group of student who learn by using MPKTJ is 0.077, the mean difference score between group of students who learn by using MPKTJ - CM and group of student who learn by using MDI is 0,179, while the mean difference score between group of students who learn by using MPKTJ and group of student who learn by using MDI is 0,102. Groups of students who learn by using MPKTJ - CM shows a higher science learning achievement compared with the group of students who learn by using MPKTJ and MDI.
keyword : jigsaw cooperative learning model, concept mapping, direct instruction model, learning achievement.

Published

2014-07-15

Issue

Section

Articles