PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA SMP NEGERI PADA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • Ni Putu Mas Wulandari .
  • Prof. Dr.I Wayan Suastra,M.Pd .
  • Dr. A.A.Istri Agung Rai Sudiatmika,M.P .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v1i1.3565

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan sikap ilmiah siswa antara siswa yang belajar menggunakan model project based learning dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran IPA (fisika). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan one way pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja yang terdiri atas VIII A1-VIII A2 dan VIII B1-VIII B8 pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah 265 orang. Sampel kelas diambil dengan teknik simple random sampling. Sampel terdiri dari 4 kelas (VIII A1, VIII A2, VIII B1, dan VIII B3) dengan jumlah 106 orang. Kelas-kelas VIII A1 dan VIII A2 dipilih sebagai kelompok eksperimen, sedangkan VIII B1 dan VIII B3 dipilih sebagai kelompok kontrol. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data sikap ilmiah yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner sikap ilmiah. Kuesioner sikap ilmiah yang diberikan berjumlah 45 item. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan independent t-test. Data yang dianalisis menggunakan independent t-test adalah data gain skor ternormalisasi. Semua pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan sikap ilmiah yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model project based learning dan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (t = 4,698; p < 0,05). Simpulan dari penelitian ini adalah kelompok siswa yang belajar menggunakan model project based learning memiliki skor rata-rata sikap ilmiah yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : Project based learning, model pembelajaran konvensional, dan sikap ilmiah.

This research aimed at analyzing the difference of student scientific attitude between the students who studied science (physics) by using project based learning model and the students who studied science (physics) by using conventional model. This research was a quasi experiment which used one way pretest-post test non-equivalent control group design. Populations of this research were the 265 students of grade VIII of SMP Negeri 4 Singaraja including classrooms VIII A1, VIII A2, VIII B1, and VIII B8 at second semester of academic year 2013/2014. The samples were selected by using simple random sampling technique. The samples consisted of 106 students in 4 classrooms (VIII A1, VIII A2, VIII B1, and VIII B3). Classrooms VIII A1 and VIII A2 were selected as the experimental group while classrooms VIII B1 and VIII B3 were selected as the control group. Data needed in this study was the scientific attitude collected scientific attitude questionnaire. The items of scientific attitude questionnaire consisted of 45 questions. Data were analyzed by using descriptive statistics and independent t-test. The data analyzed by using independent t-test were the data of normalized gain scores. All of the hypotheses testing were conducted at significance level 5%. The result of the study shows that there is a significant difference of scientific attitude between the group of students who study by using project based learning model and the group of students who study by using conventional model (t=4.698; p < 0.05). The conclusion of this study is that the group of students who study by using project based learning model has a higher mean score of scientific attitude than the group of students who study by using conventional model.
keyword : Project based learning model, conventional model, and scientific attitude

Published

2014-07-22

Issue

Section

Articles