EFEKTIVITAS E-MODUL FISIKA BERBASIS MASALAH BERBANTUAN SIMULASI PHET DALAM UJICOBA TERBATAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpf.v12i2.54395Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efektivitas e-modul fisika berbasis masalah berbantuan simulasi PhET untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis (kbk) siswa. E-modul ini digunakan pada ujicoba terbatas dalam model problem-based learning (PBL) online. E-modul ini dikatakan efektif untuk meningkatkan kbk jika memenuhi aspek: (1) terdapat peningkatan kbk siswa secara signifikan dan (2) peningkatan kbk berkategori sedang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Singaraja yang dipilih dengan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen satu kelompok pre-test dan post-test. Data dianalisis dengan Paired-Test dan normalized gain (N-gain, t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran dengan E-modul fisika berbasis masalah berbantuan PhET dapat meningkatkan kbk siswa; (2) rata-rata N-gain adalah 0,6 berkategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa E-modul fisika berbasis masalah berbantuan PhET efektif untuk meningkatkan kbk siswa pada ujicoba terbatas dalam model PBL online.
Kata-kata Kunci: e-modul fisika berbasis masalah, simulasi PhET, keterampilan berpikir kritis
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.