Efek Efektifitas Model Discovery Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Impuls Dan Momentum
Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model Discovery Learning berbantuan Mind mapping terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi impuls dan momentum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pre-experiment design dengan metode One Grup-Pretest-Posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel yang sebanyak 57 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji N-gain dan uji t berpasangan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan pada hasil belajar kognitif siswa antara setelah diterapkannya model Discovery Learning berbantuan Mind mapping dengan N-gain dalam kategori sedang sebanyak 34 siswa dengan persentase 59,65% dan kategori tinggi sebanyak 23 siswa dengan persentase 40,35%. Selain itu terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kognitif siswa antara sebelum dan sesudah penerapan model Discovery Learning berbantuan Mind mapping nilai yang ditunjukan pada analisis uji-t dengan nilai signifikan 0,000<0,05. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka model Discovery Learning berbantuan Mind mapping efektif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.