Pengaruh Model Belajar Context Problem Solving Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sma Negeri di Kecamatan Buleleng

Authors

  • Putu Yasa Fisika Undiksha
  • Ida Bagus Putu Mardana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v13i1.59278

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model belajar Physics Context Problem Solving (PCPS) terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dikenal dengan High Order Thinking Skills (HOTS) siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas XI MIPA SMA Negeri di Kecamatan Buleleng, sedangkan sampel penelitian diambil secara random dua SMA Negeri yaitu SMA Negeri 2 Singaraja dan SMA Negeri 4 Singaraja masing masing diambil dua kelas dari masing-masing SMA Negeri yang dilibatkan sebagai sampel penelitian yaitu berjumlah 123 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi dua kelompok. Satu kelompok yang terdiri dari 61 siswa dipilih sebagai kelas eksperimen dan satu kelompok lainnya yang berjumlah 62 orang siswa dipilih sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data HOTS siswa adalah soal essay dengan jumlah soal sebanyak 10 butir. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan ANAKOVA, rata-rata nilai posttest kelompok model belajar PCPS adalah sebesar 72.68 dengan kategori tinggi dan model belajar pemecahan masalah fisika secara konvensional atau Convensional Physics Problem Solving (CPPS) adalah sebesar 64.21 dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil analisis statistik, diperoleh nilai statistik F* = 81,094 dengan angka signifikansi 0,001 yang berarti perolehan angka signifikansi lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan HOTS siswa antara siswa yang diberi model belajar PCPS dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model belajar  CPPS, di mana model belajar PCPS lebih unggul dibandingkan dengan model belajar CPPS dalam hal meningkatkan kemampuan HOTS siswa

Downloads

Published

2023-03-04

Issue

Section

Articles