PENGEMBANGAN E-LKPD PADA MATERI TEKANAN ZAT CAIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII DI SMPN 12 MERANGIN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan latar belakang kurangnya media pembelajaran berupa E-LKPD di SMPN 12 Merangin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengembangkan tekanan cairan E-LKPD, bagaimana validitas E-LKPD, dan bagaimana efektivitas tekanan cairan E-LKPD untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Prosedur pengembangan dikemukakan oleh luther-sutopo yang terdiri dari 6 tahapan berikut, desain, pengumpulan bahan, perakitan, pengujian, distribusi, dengan desain penelitian one group pretest-postest design. Sampel penelitian adalah 22 siswa kelas VIII, SMPN 12 Merangin. Instrumen yang digunakan angket, lembar observasi kebutuhan guru dan siswa, serta dokumentasi. Teknik analisis berupa data kualitatif dan data kuantitatif. E-LKPD dapat dikembangkan menggunakan perangkat lunak flip pdf profesional. Hasil respon guru memperoleh nilai rata-rata 4,44 dengan kategori sangat baik dan hasil respon siswa rata-rata 76,05 dengan kategori baik. Hasil validasi ahli materi dan ahli media masing-masing 3,6, kategori Baik dan 4,5, kategori Sangat Baik. Adapun tes (N-Gain) dengan skor 0,679 dimana skor ini berada pada kategori Medium. Lembar kerja peserta didik efektif digunakan untuk pembelajaran di kelas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.