Upaya Untuk Meningkatkan Pengetahuan Materi Titik Berat Menggunakan LKPD Model Project Based Learning
Abstract
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Siantan. Secara khusus untuk: (1) Meningkatkan penguasaan pengetahuan materi titik berat setelah menggunakan LKPD model PjBL dan (2) Mengetahui hasil test materi titik berat setelah pembelajaran menggunakan LKPD model PjBL. Metode yang digunakan adalah PTK. Teknik dan alat pengumpul data dengan instrumen test dan dan lembar pengamatan. Hasil penelitian siklus I menunjukkan 69% dan hasil siklus II menunjukkan 80%. Kesimpulan hasil penelitian ketercapaian siklus I belum ideal karena masih di bawah 75% dengan predikat sedang, dan presentase ketuntasan 56% dari 36 siswa. Pembelajaran pada siklus II mencapai 80% dengan predikat tinggi. Presentase ketuntasan 100% berarti mampu menguasai materi titik berat dengan kategori baik.
Kata Kunci : Titik Berat, LKPD, Project Based Learning.
ABSTRACT
Classroom action research in general aims improving the quality of learning for class XI MIA 2 students of SMA Negeri 1 Siantan. Specifically for: (1) Improve mastery of knowledge of heavy point material after using LKPD PjBL model and (2) Knowing the results of the weight point material test after learning using the LKPD PjBL model. The method used is PTK. Data collection techniques and tools with test instruments and observation sheets. The results of the first cycle study showed 69% and cycle II results show 80%. %. The conclusion of the results of the first cycle achievement research is not ideal because it is still below 75% with medium predicate, and a completion percentage of 56% of 36 students. Learning in cycle II reaches 80% with high predicate. Learning in cycle II reaches 80% with high predicate.
Keywords: Weight Point, LKPD, Project Based Learning.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.