PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PEER INSTRUCTION UNTUK MENGETAHUI PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA

Authors

  • Sardianto Markos Siahaan Universitas Sriwijaya
  • Ayu Permatasari Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v13i2.61366

Abstract

Beberapa penelitian sebelumnya telah membuktikan bahwa pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam sains dan matematika. Selain itu, ada juga yang mengungkapkan bahwa penggunaan pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses ilmiah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing peer instruction terhadap pemahaman konsep serta keaktifan siswa pada pembelajaran fisika di kelas X di SMA N 5 Palembang. Metode penelitiannya adalah quasi eksperimen design dengan menggunakan post-test only design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X IPA. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas X IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 7 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data tes dan observasi menggunakan teknik uji-t dan anova dua jalur, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 75,52 dan kelas kontrol 67,32, sedangkan nilai observasi keaktifan siswa diperoleh rata-rata kelas eksperimen 36,55 dan kelas kontrol 34,5. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% untuk nilai post-test diperoleh t hitung > t tabel yaitu 3,82 > 1,671 sedangkan nilai keaktifan siswa diperoleh yaitu 1,708 > 1,671 dan dengan hasil perhitungan menggunakan anova dua jalur diperoleh F hitung sebesar 4,376 > F (0,05;1;132) yakni 4,149. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing peer instruction terhadap pemahaman konsep serta keaktifan siswa pada pembelajaran fisika di kelas X di SMA N 5 Palembang.

Downloads

Published

2023-08-21

Issue

Section

Articles