PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KINERJA ILMIAH SISWA PADA ERA NEW NORMAL

PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KINERJA ILMIAH SISWA PADA ERA NEW NORMAL

Authors

  • Ni Made Mega Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Pujani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Rai Sujanem Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v13i2.63024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model blended learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kinerja ilmiah siswa pada era new normal. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Banjarangkan. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII yang berjumlah 114 siswa. Selanjutnya, 78 siswa dipilih menjadi sampel dengan teknik random sampling. Ada 3 instrumen utama yang digunakan, yaitu : tes kemampuan berpikir kreatif, tes kinerja ilmiah dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan formula multivariate analysis of variance. Hasil analisis menunjukan : 1) secara parsial,  blended learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, 2) secara parsial, blended learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja ilmiah siswa dan 3) secara simultan, blended learning berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kinerja ilmiah siswa. Hasil ini berimplikasi pada didorongnya penerapan blended learning untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan kinerja ilmiah siswa di era new normal.

Downloads

Published

2023-08-21

Issue

Section

Articles