PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PjBL-STEM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 4

Authors

  • Putu Yasa Prodi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Aisyah Luthfi Wardani Prodi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Iwan Suswandi Prodi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v13i2.66895

Abstract

 Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi-experiment dengan desain one way pretest-posttest nonequivalent control group. Populasi penelitian sejumlah 359 orang dengan sampel penelitian sebanyak 179 orang. Keterampilan berpikir kreatif diukur menggunakan instrumen penelitian berupa 15 soal dengan konsistensi internal butir antara r=0,42–0,72 (tinggi) dan reliabilitas tes sebesar α=­0,807 (sangat tinggi). Data kemudian dianalisis secara analisis deskriptif, analisis kovarian (ANAKOVA) satu jalur dan uji lanjut LSD. Uji ANAKOVA satu jalur menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif dengan skor F=31,980;α=0,000. Hasil uji LSD didapatkan nilai rata-rata untuk kelompok PjBL-STEM memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding kelompok DI (Dµ=7,287>LSD=2,661. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan berpikir kreatif siswa yang belajar dengan model PjBL-STEM dengan yang belajar menggunakan DI serta nilai rata-rata kelompok PjBL-STEM lebih tinggi dibanding kelompok DI. Hasil penelitian ini menampilkan bahwa model pembelajaran PjBL-STEM berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif 

Downloads

Published

2023-08-21

Issue

Section

Articles