PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 PAREPARE

Authors

  • Faizal Amir Universitas Sulawesi Barat
  • Sutrisno

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v13i3.67358

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kolaboratif sedangkan variabel terikat adalah keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi pokok suhu dan kalor. Subjek penelitan adalah kelas X MIPA 1 dengan jumlah 39 peserta didik. Disain Penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes keterampilan pemecahan masalah pada materi pokok suhu dan kalor berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan skor rata-rata keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Parepare sebelum diajar dengan model pembelajaran kolaboratif adalah 43,58 dengan standar deviasi sebesar 6,43 dan setelah diajar dengan model pembelajaran kolaboratif adalah 54,64 dengan standar deviasi 6,19. Berdasarkan hasil analisis N-Gain diperoleh peningkatan gain sebesar 0,44 dan berada pada kategori sedang. Hal ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Parepare setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif pada materi pokok suhu dan kalor mengalami peningkatan secara signifikan.

.

Kata Kunci : keterampilan pemecahan masalah, model pembelajaran kolaboratif

Downloads

Published

2023-12-31