PENGUATAN DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA FASE E MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI ERA KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Putu Widiarini
  • Ni Ketut Rapi
  • I Wayan Suastra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v14i1.71253

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan penguatan dimensi profil pelajar Pancasila melalui pembelajaran berbasis proyek. Dimensi profil pelajar Pancasila yang dimaksudkan pada penelitian ini adalah dimensi kemandirian dan kreativitas. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X1 SMA Negeri 4 Singaraja sebanyak 48 siswa. Seluruh siswa diberikan kuesioner kemandirian belajar dan tes kreativitas pada akhir pembelajaran. Selama proses pembelajaran, siswa diberikan lembar kerja peserta didik berbasis proyek yang dikerjakan selama 6 minggu. Implementasi kurikulum Merdeka pada fase E sudah dilakukan sejak tahun 2022, khususnya di SMA Negeri 4 Singaraja. Kemandirian belajar yang dimaksud terdiri dari 3 aspek yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kreativitas yang dimaksud terdiri dari 4 aspek yaitu kelancaran, keluwesan, keaslian, dan elaborasi. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh bahwa rerata kemandirian belajar siswa sebesar 124,08 pada kategori sangat tinggi dengan standar deviasi 7,87. Rerata kreativitas siswa sebesar 78,36 pada kategori tinggi dengan standar deviasi 8,94. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat mengembangkan aspek-aspek kemandirian dalam belajar dan kreativitas siswa.

Downloads

Published

2024-04-29

Issue

Section

Articles