PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS SISWA KELAS VIII SMP/MTs

Authors

  • Hidayanti Azizul Rofiah N S Universitas Pendidikan Ganesha
  • Rai Sujanem Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Prima Juniartina Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v13i3.71970

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) antara siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) dan siswa yang dibelajarkan dengan model Direct Instruction (DI). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian pretest – posttest non equivalent control group design. Sampel penelitian diperoleh menggunakan teknik sampling jenuh. Jumlah sampel sebanyak 43 siswa yang terdistribusi ke dalam dua kelas. Data HOTS siswa diperoleh melalui hasil pretest dan posttest siswa. Semua pengujian hipotesis dilakukan dengan taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji normalitas dan homogenitas kedua kelompok > 0,05. Dengan demikian, data N-Gain score dinyatakan terdistribusi normal dan memiliki varians data homogen. Selanjutnya, hasil uji-t kemampuan HOTS siswa yaitu 0,000. Dengan demikian, data N-Gain score < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan HOTS antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model PBL dan siswa yang dibelajarkan menggunakan model DI.

Downloads

Published

2023-12-31