PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpf.v14i1.75941Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan latar belakang belum tersedianya media pembelajaran berupa E-LKPD pada pembelajaran fisika di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas E-LKPD, dampak penggunaannya terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kepraktisan E-LKPD yang dikembangkan. Populasi dan sampel penelitian adalah peserta didik jenjang SMA di Kota Jayapura. Instumen yang dipergunakan adalah angket validitas dan angket kepraktisan yang dikembangkan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil pengolahan data menunjukkan E-LKPD berbasis problem based learning yang dikembangkan layak dipergunakan dalam pembelajaran fisika, validator ahli memberikan hasil validasi 89% (kategori baik), sedangkan rata-rata hasil validasi oleh praktisi 91,22% (ketegori sangat baik); persentase peningkatan n-gain kemampuan pemecahan masalah kelompok eksperimen yang menggunakan E-LKPD sebesar 0,72 masuk pada kategori tinggi, pada kelompok kontrol yang menggunakan LKPD konvensional sebesar 0,48 pada kategori sedang. Ditemukan bahwa rata-rata hasil uji kepraktisan penggunakan E-LKPD sebesar 94,87% tergolong dalam kriteria sangat praktis.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.