PENGARUH PENERAPAN MODUL FISIKA BERMUATAN PETA KONSEP PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP

Authors

  • Kadek Ayu Meilani Wulandari .
  • Drs. Ida Bagus Putu Mardana,M.Si .
  • Drs. I Nyoman Putu Suwindra, M.Kom. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v4i2.8150

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan menerapkan bahan ajar modul fisika bermuatan peta konsep dengan siswa yang belajar dengan bahan ajar konvensional setelah mengontrol pengetahuan awal siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian posttest only non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Singaraja yang terdiri dari 12 kelas. Instrumen yang digunakan adalah tes pengetahuan awal (r = 0,858) dan tes hasil belajar (r = 0,638). Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan ANAKOVA. Semua pengujian dan hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa pada kelompok belajar dengan menerapkan bahan ajar modul fisika bermuatan peta konsep dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan bahan ajar konvensional (F = 5,012; p<0,05), setelah mengontrol pengetahuan awal siswa.
Kata Kunci : bahan ajar konvensional, bahan ajar modul fisika bermuatan peta konsep, hasil belajar, pengetahuan awal

This study aimed at analysing the differences of the student’s outcome in learning Natural sciences between the students who learned by using physics module which loaded the concept map and the students who learned by using conventional subject matter after controlling the student’s prior knowledge. This kind of study was quasi-experimental with post–test only non-equivalent control group design. The population was the students of VIII grade of SMP N 6 Singaraja which consisted of 12 classes. The instruments were a pretest (r = 0,858) and a posttest (r = 0,638). Data were analized by using a descriptive statistic and ANACOVA. All of the tests and hypothesis show that there is a difference between students’ outcome in leraning natural sciences between the students who learn by using module which consists of concept map and the students who learn by using conventional subject matter (F = 5,012; p<0,05) after controlling the students prior knowledge.
keyword : conventional subject matter, learning outcome, physic module, concept map, prior knowledge.

Published

2016-08-01

Issue

Section

Articles